oleh

DUKM Lakukan Sosialisasi Program Penguatan Ekonomi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

SiaranDepok.com – pemerintah kota Depok tahun 2020 menyelenggarakan sosialisasi secara virtual dalam pembahasan konsultasi publik rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah Depok.

Fitriawan menjelaskan, bahwa gerakan UMKM saat ini menjadi prioritas. Gerakan ini bertujuan memperkokoh pondasi ekonomi, agar tidak terjadi kesenjangan antara yang besar dan UMKM. Output yang ingin dicapai dari gerakan UMKM naik kelas adalah pertumbuhan jumlah wirausaha meningkat, berarti ini akan menciptakan keadilan ekonomi, akan menyiapkan sejumlah strategi guna pemulihan perekonomian daerah saat pandemi Covid-19.

Strategi itu menurut Fitriawan, bagaimana UMKM bisa mencapai naik kelas. Tentunya dengan cara membuka akses pasar seluas-luasnya dengan memprioritaskan produk UMKM, meningkatkan mutu produk agar memenuhi standar.

“Kami akan menyiapkan upaya jangka pendek dan jangka panjang, akan mendorong gerakan UMKM naik kelas,” Kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan, Rabu (20/1/2021) di ruang kerjanya.

Dirinya mengatakan, untuk upaya jangka pendek yang akan dilakukan dengan menyediakan tempat bagi pelaku UMKM di wilayah. Selain itu, dia juga tidak menutup peluang untuk bekerja sama dengan pihak swasta.

“Kami dalam melaksanakan program dengan melakukan pelatihan, pendampingan dan berupaya meningkatkan kualitas para usaha kecil dan menengah sehingga berdagang atau usaha untuk kepentingan masyarakat lain agar lebih bermanfaat,” Jelasnya.

Lewat berbagai upaya diharapkan UMKM di Kota Depok dapat terus memiliki daya saing serta kualitas di tengah persaingan dalam dunia bisnis yang semakin pesat.

“Kami berharap para pelaku usaha di Kota Depok senantiasa memiliki kapasitas, kemampuan, serta kepercayaan diri untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produk mereka. Hal itu dikarenakan saat ini persaingan dalam bisnis semakin ketat seiring dengan pertumbuhan usaha-usaha baru yang terus bertambah,” Tutur Fitriawan.

“Tahun depan diharapkan permasalahan dan dampak Covid-19 menurun seiring meningkatnya masyarakat dalam berusaha,” Ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah kota Depok akan meningkatkan daya saing daerah yang dicirikan oleh tingginya kualitas SDM dan pertumbuhan ekonomi yang ditopang oleh kewirausahaan dan ekonomi kreatif.

Kembali Fitriawan mengatakan, program pemberdayaan masyarakat bisa lebih diintensifkan di tingkat kelurahan dan akan dilakukan pendampingan agar lebih memberikan hasil yang baik.

“Untuk itu kami akan memberikan kemudahan-kemudahan berbagai hal seperti pembiayaan dan pendampingan program pemberdayaan UMKM,” Paparnya.

Jika program pemberdayaan di tingkat kota lebih efektif, sehingga kelurahan menjadi klaster kecil untuk bisa dilakukan berbagai macam program pembinaan di ruang lingkup kelurahan agar berbagai macam bentuk pendampingan bisa lebih mudah dilakukan.

“Salah satunya pelaku usaha mikro bisa lebih intens dan masif dilakukan, jadi tidak hanya sekedar pelatihan yang dilakukan tapi bagaimana bentuk pelatihan ini ada program pendampingan sehingga tingkat keberhasilan bisa tercapai,” Tuturnya (Adi).

 

Penulis (Z)

Editor (RR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru