oleh

Beton Perumahan Ambruk, DPUPR Kota Depok Melayangkan Surat Teguran Kepada GDC

siarandepok.com-Turap beton sepanjang 15 meter milik Perumahan GDC Cluster Catleya Kelurahan Kalibaru, Cilodong, ambrol akibat hujan lebat, Sabtu (24/10/2020) malam.

alah satu saksi mata, Kirman menjelaskan, suara gemuruh terdengar sebelum turap beton. Kejadian sekitar pukul 18:30 WIB, saat hujan turun dengan lebatnya.

”Bedeng saya tinggal persis di bawah longosoran beton. Saya melihat sendiri jebolnya,” terangnya di lokasi kejadian  Minggu (25/10/2020).

Turap yang ambrol mengakibatkan air meluap hingga jalan lingkungan perumahan BRI Kalibaru. Air mulai kembali surut saat hujan reda sekitar pukul 19:30 WIB.

”Pondasi pada turap kurang dalam, sambungan besinya juga kurang baik. Tingginya kurang sekitar 5 meter lebih,” beber Kirman.

Dilokasi lain, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianti menegaskan, akan segera melayangkan surat teguran kepada pengembang GDC.

”Mereka harus tanggung jawab, kan mereka yang bangun, mereka harus perbaiki juga,” tegas Citra saat dikonfirmasi.

Dia melanjutkan, surat teguran akan ditindak lanjuti ke Bidang Sumber Daya Air (SDA), sebab turap yang runtuh menghambat aliran kali sekitar, yang kemungkinan berdampak pada warga, mengingat sedang dalam musim hujan.

”Untuk lebih jelas silakan tanya developer GDC. Itu masih tanggung jawab mereka,” paparnya.

Sementara, LPM Keluraha Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Mada menegaskan, hari ini (26/10) akan melakukan peninjauan ke lokasi untuk memastikan, titik longsor tersebut masuk Kelurahan Kalimulya atau Kelurahan Kalibaru, karena letaknya berbatasan dengan Kalibaru.

”Kita akan cek ke lokasi, buat pastikan itu masuk wilayah mana, kalimulya atau kalibaru,” kata Mada.

Disisi lain, Ketua LPM Kelurahan Kalibaru, Rudi Adriansah menegaskan, bahwa titik lokasi tersebut masuk dalam Kelurahan Kalimulya, karena kali sebagai pembatasnya.

”Itu masuk Kalimulya, batasnya kali. Kalau Perumahan BRI baru masuk Kalibaru.” tandas Rudi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru