oleh

Waspada Hujan Lebat Selama Sepekan, Pengaruh MJO di Fase Awal LA NINA!

Siarandepok.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat waspada mengenai dampak dari fenomena La Nina yang tengah terjadi di Samudra Pasifik.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini BMKG Miming Saepudin mengatakan, MJO adalah penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur. Gelombang tersebut dapat berakibat hujan lebat. Fenomena ini terjadi di sekitar wilayah ekuatorial. Sistem konvektivitas udara skala besar ini berpropagasi ke arah timur mulai dari arah Samudera Hindia ke arah Samudera Pasifik dan melewati wilayah Indonesia.

“MJO memiliki siklus propagasi 30 hingga 90 hari, yang berarti bahwa dampak aktifnya MJO terjadi di suatu wilayah di sepanjang ekuator (dalam hal ini wilayah Indonesia) dapat berulang sekitar 30-90 hari,” ujar Miming saat dihubungi Kompas.com, Minggu (18/10/2020).

Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya aktivitas MJO di atas wilayah Indonesia yang merupakan kumpulan awan berpotensi hujan.

“Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan tertulis, Minggu (18/10/2020).

Hal tersebut akan terjadi pada periode 18 hingga 24 Oktober 2020 mendatang, dan diperkirakan akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jakarta, serta Jawa Barat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru