oleh

Via Daring, Prodi Rumpun Mesin UNJ Gelar P2M Dengan Beragam Skill Ketrampilan

Pada hari Sabtu (22/08) dosen dan karyawan Rumpun Teknik Mesin terdiri dari Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1), Teknik Mesin (S1), dan Teknologi Mesin (D3) Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan Virtual Workshop on Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M).

Kegiatan P2M ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap dosen sebagai salah satu kewajiban melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tiap tahun biasanya mengadakan kegiatan langsung di lokasi dengan kegiatan pelatihan tatap muka dengan peserta. Adanya kondisi pandemik saat ini mendorong perubahan pada kegiatan P2M yang harus dijalankan secara daring.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ahmad kholil, MT menyebutkan bahwa kegiatan P2M dilaksanakan dibeberapa lokasi dan peserta yang berbeda-beda melalui daring. Ada empat lokasi kegiatan yang dilaksanakan. Lokasi pertama berada di Desa Lobener Lor, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu dengan peserta pemuda desa yang tidak memiliki keterampilan. Para pemuda desa diberikan beberapa pelatihan antara lain pelatihan pengelasan yang disampaikan oleh Drs. Syaripuddin, M.Pd dan Drs. Sopiyan, M.Pd, pelatihan pelapisan logam oleh Drs. Syamsuir, MT. dan Ferry Budhi Susetyo, MT, pelatihan perawatan pompa oleh Ahmad Kholil, MT dan Dr. Darwin Rio Budi Syaka, dan pelatihan perawatan AC oleh Nugroho Gama Yoga, MT dan I Wayan Sugita, MT.

Di lokasi kedua dilaksanakan pelatihan Microsoft World dan Excel lanjutan oleh Dr. Agung Premono dan Ragil Sukarno,MT untuk peserta guru kelas SDN kalimati 1, Jatibarang, Indramayu. Pelatihan di Lokasi ketiga melibatkan peserta dari siswa SMKN 1 Cikarang Barat, Bekasi dengan materi pembuatan produk otomotif dengan metode pengecoran gravity die casting yang disampaikan oleh Dr. Imam Basori dan Yunita Sari, MT. Di lokasi keempat Drs. Sirojuddin, MT dan Prof. Gaguk Margono menerapkan satu unit Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk Rumah Tahfiz Siti Fatimah, Kanggraksan Cirebon.

Kegiatan P2M dibuka langsung oleh Wakil Dekan 1 FT UNJ, dalam sambutanya Dr. Imam Basori mengharapkan kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh peserta untuk menambah skill bagi para siswa dan pemuda desa, serta meningkatkan kompetensi bagi guru.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan peserta sangat antusias menerima materi yang disampaikan oleh narasumber.

Diakhir acara disampaikan penyerahan peralatan untuk instalasi dan praktek sehingga para peserta dapat belajar mandiri mengikuti petunjuk yang disampaikan oleh narasumber.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru