oleh

Prodi Pendidikan Teknik Mesin UNJ Selenggarakan Pelatihan Bagi Guru SMKN 1 Cinangka Secara Daring

Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta pada selasa (25/08) menyelenggarakan Virtual Workshop on Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) yang diikuti oleh para guru di SMKN 1 Cinangka, Kabupaten Serang Banten. Pelatihan disampaikan secara daring meliputi Pelatihan Penulisan Artikel Imiah dengan nara sumber Dr. C Rudy Prihantoro, M.Pd. & Ir. Sorimuda Harahap, MT. serta Pelatihan Penyusunan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS dengan nara sumber  Dr. Riyadi, ST., MT. & Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd.

Kepala SMKN 1 Cianangka Sunariah, S.Ag., M.Pd.I. dalam sambutannya mengucapka terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Fakultas Teknik untuk mengadakan kegiatan dengan melibatkan guru-guru di SMKN 1 Cinangka untuk meningkatkan kompetensi guru. Acara dibuka langsung oleh Wakil Dekan 1 Dr. Imam Basori, MT. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa sedianya kegiatan akan dilakukan langsung di sekolah, namun karena dalam masa pandemi Covid-19 yang mengharusnya mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah, maka kegiatan dilaksanakan secara daring. Beliau berharap dalam kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan tambahan untuk guru-guru di sekolah sebagai stakeholder.

Dalam pelaksanaan P2M ini dilaksanakan beberapa tahapan diawali dengan pemetaan calon peserta dengan cara peserta diminta memberikan tanggapan secara online terhadap pelatihan yang pernah diikuti, apakah pernah mengikuti pelatihan sejenis. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa belum semua guru telah mengikuti bentuk pelatihan tersebut, sehingga dengan kegiatan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi mereka. Tahap selanjutnya peserta mengikuti pelatihan dangan materi yang disampaikan oleh nara sumber melalui aplikasi zoom. Nara sumber pertama Dr. C Rudy Prihantoro menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan penulisan artikel ilmiah. Para guru bisa melakukan penelitian disekolahnya untuk bisa membuat artikel ilmiah. Sedangkan nara sumber yang kedua Dr. Riyadi, ST., MT. menyampaikan materi tentang penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS (higher order thinking skill). Nara sumber kedua mengingatkan para guru wajib memiliki pengetahuan tentang perangkat instrumen penilaian berbasis HOTS dalam melakukan penilaian siswa. Diakhir penyajian materi, para peserta diberikan tugas dari setiap nara sumber sebagai evaluasi untuk peserta apakah dapat menerima materi yang telah diberikan. Secara keseluruan kegiatan P2M berjalan dengan lancar dan peserta cukup antusias mengikuti seluruh kegiatan hal ini terlihat dari peserta yang memberikan pertanyaan ke nara sumber melalui moderator Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru