oleh

Depok Siapkan Areal Edukasi Aman Pandemi dan Pengurangan Risiko Bencana

Depok- Relawan Satgas Covid-19 bersama Sahabat Siap Selamat Indonesia (S3I) tengah menyiapkan areal perkebunan jambu biji dan belimbing sebagai kawasan edukasi aman pandemi.

Perkebunan jambu Saung Abah yang terletak di Kampung Perigi, Kelurahan Bedahan, Sawangan, yang mempunyai luas +/- 2 Ha. dapat menjadi tempat alternatif pendidikan tatap muka dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan selama pandemi.

“Saung Abah dengan area yang luas dan asri cocok bagi para pelajar belajar tentang alam dan pengurangan risiko bencana yang mungkin terjadi termasuk masalah pandemi yang tengah kita hadapi,” ungkap Christanto, Ketua S3I.

Menurut Relawan Satgas Covid-19, Reza, “Prinsip pencegahan Covid-19 adalah 3M dan VDJ, Mencuci tangan, Menjaga Jarak, dan Memakai Masker serta Ventilasi baik, durasi singkat dan Jarak aman sebagai pencegahan paparan viral load atau jumlah muatan virus yang diperlukan utk dapat menginfeksi seseorang.”

Beberapa kegiatan edukasi yang akan diselenggarakan di Saung Abah antara lain menanam/memetik buah jambu, membuat jus buah, mendongeng, dan simulasi kebencanaan.

Taufik Ibrahim sebagai kepala instruktur menyatakan siap menjalankan semua program sesuai dengan protokol kesehatan.

“Dengan areal luas dan hijau, kita pastikan semua pelajar yang ikut di sini menjaga jarak 1,5m satu sama lain dan memakai masker,” Ungkapnya.

Christanto berharap, Dengan adanya Saung Abah sebagai kelas alam terbuka dan pusat pelatihan pengurangan risiko bencana diharapkan semakin meningkatkan kesadaran dan kapasitas warga Depok untuk mencegah dan mengurangi risiko bencana yang bisa ditimbulkan oleh ulah manusia dan aktivitas alam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru