oleh

Dishub Depok Membuat Trobosan Baru dari Lalin menjadi DTK

Siarandepok.com— Dinas Perhubungan Kota Depok mengadakan diskusi perihal meningkatkan forum lalin (Lalin) menjadi Dewan Transportasi Kota (DTK), diskusi tersebut di hadiri jajaran Polres Metrojaya Depok dan Perangkat daerah terkait.

“Salah satu poin yang dibahas adalah peningkatan keselamatan dalam berlalu lintas,” ujar Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana, Selasa (11/08/20), usai acaranya.

Beliau mengatakan, untuk rencana awal akan di buat posko keselamatan di terminal jatijajar, Kecamatan Tapos guna melakukan pengawasan terhadap kondisi lalulintas, dalam pos tersebut ada berbagai macam fasilitas dan peralatan kesehatan.

Di posko itu juga akan ditempatkan personil, baik dari Dishub, Kepolisian termasuk Dinas Kesehatan (Dinkes). Bentuknya posko biasa, nanti disediakan alat kesehatan dan mobil ambulance juga,” katanya.

Untuk kedepannya meningkatkan organisasi Forum Lalu Lintas (Lalin) menjadi Dewan Transportasi Kota (DTK) seperti yang dimiliki Provinsi DKI Jakarta. Pihaknya juga akan berkunjung ke DTK Jakarta untuk memelajari tentang organinsasi tersebut.

“Arahan Pak Wali Kota untuk meningkatkan Forum Lalin menjadi DTK, kami dorong minimal bulan ini terbentuk Peraturan Wali Kota (Perwal)-nya,” ujar Dadang.

Sebagai informasi Forum Lalin merupakan lembaga independen sebagai forum konsultasi dan koordinasi antara masyarakat dan pemerintah daerah. Organisasi ini terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, pakar, dan masyarakat yang membidangi urusan transportasi.

“Dalam forum ini akan membahas terkait segala persoalan di bidang transportasi. Selain itu juga sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat, serta memberikan bahan pertimbangan terhadap penyusunan kebijakan daerah,”ujar Dadang.

Sebelum menutup perbincangan beliau mengatakan apabila Forum Lalin berubah menjadi DTK, maka diharapkan akan dapat membahas lebih intens lagi terkait permasalahan lalu-lintas.

“Apabila Forum Lalin sudah beralih menjadi DTK akan lebih intens membahas masalah aktual yang terjadi di bidang transportasi, khususnya masalah mengatasi kemacetan di Kota Depok,” tutup Dadang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru