Apa Itu Diabetes dan Gejalanya

oleh -94 views

Siarandepok – Kita sudah tidak asing lagi mendengar kata diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh pankreas tidak menggunakan insulin yang telah diproduksi secara efektif, hal ini menyebabkan terjadinya gangguan pada metabolisme. Di dalam tubuh insulin merupakan hormon yang berfungsi sebagai pengatur keseimbangan gula darah. Diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal.

Diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 dikenal dengan sebutan diabetes autoimun. Pemicu timbulnya keadaan autoimun ini masih belum diketahui dengan pasti. Dugaan paling kuat adalah disebabkan oleh faktor genetik dari penderita yang dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan.

Sedangkan, untuk diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi. Diabetes jenis ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin). Sekitar 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini. Berikut gejala dari diabetes :

  1. Ketika malam hari sering sekali buang air kecil
  2. Sering merasa haus
  3. Perut terus merasakan lapar
  4. Keadaan berat badan yang terus menurun tanpa sebab
  5. Adanya keton dalam urine
  6. Pandangan yang kabur
  7. Luka yang lama sembuh.
  8. Berkurangnya massa otot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *