Menu

Semburkan Abu Vulkanik setinggi 6 Kilometer, Gunung Merapi Kembali Meletus

  Dibaca : 286 kali
Semburkan Abu Vulkanik setinggi 6 Kilometer, Gunung Merapi Kembali Meletus

Siaran Depok- Warga sekitar Gunung merapi diharapkan untuk waspada, pasalnya pada selasa (3/3/2020) Gunung merapi kembali erupsi dan menyemburkan abu Vulkanik setinggi 6.000 meter.

BPPTKG Yogyakarta melaporkan data yang menunjukkan amplitudo letusan 75 mm dan durasi 450 detik. Letusan disertai luncuran awan panas dua kilometer ke arah hulu Kali Gendol.

Arah angin erupsi ke utara. Status aktivitas Merapi saat ini masih Waspada.Gunung Merapi (2.930 mdpl) terakhir meletus, menyemburkan abu vulkanik tebal ke udara pada Kamis (13/2/2020). Letusan terjadi pukul 15.16 WIB.

BPPTKG Yogyakarta menyampaikan rilis nya lewat akun Twitter-nya menunjukkan durasi erupsi 150 detik. Amplitudo letusan di seismogram 75 mm. Kolom erupsi dari PGM Ngepos Magelang teramati mencapai tinghi 2.000 meter dari puncak gunung. Material vulkanik tertiup angin ke arah barat laut dari gunung. Merapi berstatus Waspada sejak 21 Mei 2018.

Saat ini Pascaletusan gunung merapi, sejumlah wilayah di lereng Merapi mengalami hujan abu. Hujan abu di antaranya terjadi di wilayah Musuk Boyolali. Tak hanya wilayah Boyolali, hujan abu Gunung Merapi juga sampai di wilayah Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!