oleh

Hujan Deras dan Puting Beliung Rusak 16 Rumah dan SMPN 16 Depok

Hujan deras dan angin puting beliung yang melanda Kelurahan Cimpauen, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat pada Selasa (25/2/2020) dini hari pukul 01.00 WIB mengakibatkan 16 rumah dan satu sekolah yakni SMP Negeri 16 Depok rusak.

Atap rumah warga di wilayah RT 02,03 dan RW 03 Kelurahan Cimpaeun beterbangan, genteng dan tembok rumah pun roboh. Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengatakan, musibah ini diakibatkan curah hujan yang tinggi dan kondisi bangunan yang sudah tua.

Pradi memaparkan, berdasarkan Pusat Data dan Informasi Kebencanaan Kota Depok, rumah warga di RT 02/ RW 03 yang terkena musibah ini diketahui milik Wawan, Oka, Ilyas, Siti Nuraeni, Pipih, Rasmilih, Sumeri, Aswar. Sedangkan di RT 03/ RW 03, diketahui rumah milik Nurdin, Habil, Yandi, Maya, Budi, Sami, Endang, Boih.

Warga yang terdampak musibah untuk sementara ini mengungsi ke rumah para tetangga di sekitarnya. Pradi juga mengucapkan terima kasih kepada para warga setempat yang sangat responsif dan memiliki rasa tolong menolong yang tinggi ketika tetangganya tertimpa musibah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada warga yang sangat responsif dan ringan tangan menolong tetangganya yang terkena musibah angin puting beliung. Apalagi untuk sementara ini mereka akan mengungsi disana sampai perbaikan rumah mereka rampung,” tutur Pradi.

Sedangkan kondisi SMP Negeri 16 Depok dikatakan Pradi, satu ruang kelas dan pos keamanan atapnya roboh dan rontok, genteng jatuh berantakan.

Perbaikan kerusakan rumah warga dan SMPN 16 Depok ini, kata Pradi akan dilakukan melalui anggaran Biaya Tidak Terduga (BTT) yang sudah dialokasikan oleh Pemkot Depok sebesar Rp20 Miliar.

“Tim tanggap darurat sudah ke lokasi dan sudah kami investigasi apa apa saja kerusakannya. Untuk dana BTT ini memang sudah disiapkan. Idealnya dapat digunakan segera untuk memperbaiki kerusakan,” kata Pradi.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Deni Romulo mengungkapkan, warga saat ini sudah membuka dapur umum di kediaman Nurdin yang berlokasi di RT 03/ RW 03.

“Kami sudah membuat laporan, telah melakukan proses evakuasi rumah dan bangunan yang terdampak angin puting beliung, mendata warga korban terdampak dan juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Sosial dan Dinas Perumahan dan Permukiman,” ucap Deni.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohamad Thamrin menuturkan, kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 16 Depok tetap berjalan seperti biasa karena kerusakan hanya terjadi di satu ruang kelas dan pos keamanan saja.

“Kami sedang rekap kerusakannya apa-apa saja dan akan kami ajukan perbaikan melalui dana BTT. Saat ini kegiatan belajar mengajar tetap seperti biasa. Kelas IX bahkan sedang try out untuk persiapan ujian nasional. Alhamdulillah kondisinya kondusif dan lancar,” ujar Thamrin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru