Menu

Metode Perlindungan Tanaman dengan Amari Spunbond Untuk Mempercepat Panen

  Dibaca : 170 kali
Metode Perlindungan Tanaman dengan Amari Spunbond Untuk Mempercepat Panen

Siaran Depok- Tren gaya hidup sehat yang semakin populer di kalangan masyarakat membuat industri agrikultur semakin berkembang. Meningkatnya permintaan pasar akan bahan makanan dari tumbuh-tumbuhan mendorong para petani untuk mengelola lahan lebih baik lagi, karena nilai tambah pada hasil panen sangat dibutuhkan oleh pasar lokal maupun internasional. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hasil panen adalah dengan menggunakan kain non-woven spunbond untuk melindungi tanaman.

Spunbond dapat digunakan di industri pertanian untuk mengoptimalkan produktivitas tanaman, melindungi buah dan sayuran, serta dapat mempercepat pertumbuhan buah dan sayur terutama pada greenhouse. Kain yang terbuat dari polypropylene ini juga dapat mengurangi penggunaan pestisida, sehingga dapat menghemat tenaga kerja dan biaya. Salah satu produsen kain spunbond berkualitas adalah PT Suryasukses Mekar Makmur dengan brand Amari dan pabrik di Jl. Raya Sedati No.97, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Amari menyediakan kain spunbond dengan pilihan ketebalan yang beragam yang dapat dimanfaatkan untuk pelindung tanaman, pembungkus buah, wadah tanaman pengganti polybag, dan lain-lain.

Kain spunbond Amari sangat cocok digunakan sebagai pelindung tanaman karena memiliki karakteristik lembaran yang ringan namun memberikan proteksi sempurna, sehingga bahan ini mudah untuk diaplikasikan untuk menutup tanaman. Temperatur di dalam selubung spunbond lebih hangat daripada suhu udara luar sehingga hal ini membuat panas dan kelembaban lebih terkontrol dan dapat meningkatkan kualitas hasil panen. Perlindungan kain spunbond dapat mengatur sirkulasi udara dan jumlah sinar matahari yang mengenai tanaman sehingga dapat memperlancar proses fotosintesis namun tanaman tetap terlindung dari bahaya sinar UV yang berlebih. Tanaman yang biasa menggunakan metode perlindungan ini contohnya adalah melon, semangka, tomat dan mentimun.

Di ladang atau perkebunan, kain spunbond banyak digunakan untuk membungkus buah yang belum matang, seperti pada pohon pisang. Hal ini membuat buah-buahan lebih terlindung dari hama dan serangga serta wabah yang dibawa oleh serangga. Pembungkus buah dari kain spunbond ini dapat melindungi buah secara individu misalnya buah pepaya, maupun jenis buah yang berkerumun seperti pisang. Dengan metode perlindungan ini, pertumbuhan buah akan lebih baik, lebih sehat dan dapat menghasilkan buah yang lebih berkualitas serta mempercepat masa panen.

Spunbond juga dapat digunakan untuk  wadah bibit tanaman yang baru ditanam. Dibandingkan dengan kantong plastik, kantong yang terbuat dari spunbond memiliki daya serap air dan udara yang lebih baik yang bagus untuk tanah dan pertumbuhan tanaman. Selain mempercepat pertumbuhan tanaman, kantong ini juga melindungi tanaman dari cuaca buruk dan hama, sehingga mengurangi kebutuhan akan pestisida dan perawatan menggunakan bahan kimia lainnya.

Kain spunbond juga dapat digunakan untuk metode padding, yaitu menutup permukaan tanah untuk melindungi tanah dari paparan sinar matahari langsung yang dapat mendorong dan mempercepat pertumbuhan rumput liar dan semak-semak. Sifat permeabilitas kain spunbond yang baik memungkinkan air, gas, udara dan nutrisi bisa masuk melawatinya, sehingga kualitas tanah akan terus terjaga.

­Kain spunbond merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas panen di bidang agrikultur. Selain memiliki sifat yang serbaguna, kain spunbond juga hadir dengan harga yang ekonomis. Kain spunbond bisa di gunakan berulang kali, tidak hanya sekali pakai sehingga dapat menghemat biaya. Apabila anda membutuhkan kain spunbond untuk undustri agrikultur atau keperluan lainnya, Amari spunbond siap melayani. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk, anda bisa mengunjungi website https://www.suryasukses.com/ atau mengunjungi https://www.instagram.com/amarispunbond/

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!