Menu

UPT Puskesmas Cilodong Cegah DBD

  Dibaca : 98 kali
UPT Puskesmas Cilodong Cegah DBD

Siarandepok.com- Unit Pelaksana Tugas (UPT) Puskesmas Cilodong tidak berhenti melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di musim penghujan sekarang ini. Termasuk menjalankan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bersama Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik).

Kepala UPT Puskesmas Cilodong, Darma Ningsih mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Kader Jumantik untuk melakukan pengecekkan jentik nyamuk di rumah warga secara rutin. Pengecekkan tersebut dilakukan setiap pekan dan melaporkan hasilnya ke Puskesmas.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri harus bersinergi dengan pemangku wilayah dan para kader. Kami juga imbau warga untuk galakkan PSN dengan dimulai dari diri sendiri,” kata Darma, Senin (03/02/20).

Darma mengatakan, PSN dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tempat tinggal. Mulai dari kamar mandi, mengubur barang bekas, serta mengecek tempat penampungan air.

“Pasalnya nyamuk kerap berada di daerah tersebut,” jelasnya.

Darma juga menambahkan, selain giat melakukan PSN, Ia juga mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ia menjelaskan, dengan cara menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yaitu mencuci tangan pakai sabun dan banyak mengonsumsi makanan bergizi.

“Apabila tubuh tidak fit, akan mudah masuk penyakit. Jadi, harus selalu melakukan PHBS,” pungkas Darma.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!