Menu

Khotib Jum’at, Mohammad Idris Sampaikan Sejarah Rasulullah SAW Mendirikan Masjid

  Dibaca : 128 kali
Khotib Jum’at, Mohammad Idris Sampaikan Sejarah Rasulullah SAW Mendirikan Masjid

Siarandepok.com – Wali Kota Depok, Mohammad Idris, hari ini, Jumat (24/1/2020) menjadi Imam sekaligus Khotib saat pelaksanaan Salat Jumat dirangkai dengan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Jami An-Nur di Jl. Masjid RT.01/02 Kp. Gerogol Kelurahan Rangkapan Jaya, Kec. Pancoranmas Kota Depok.

Dalam tausiahnya, Idris mengajak jamaah untuk hendaknya melakukan kegiatan-kegiatan yang mengingatkan pada Allah agar masjid tidak sepi.

“Diantara kegiatan dalam masjid ini hendaknya dilakukan-kegiatan kegiatan yang mengingatkan pada Allah pada pagi dan petang agar masjid ini tidak sepi, ” Ucapnya.

Idris melanjutkan, begitu juga, dengan sejarah bagaimana Rasulullah SAW mengutamakan masjid sebagai lembaga pertama kali dibangun ketika beliau bersama umat islam dalam membangun sebuah negara dan pemerintah di Madinah.

“Rasullulah SAW tidak membangun gedung parlemen dan pemerintah pada saat itu. Tetapi pertama kali beliau menginjakan kakinya di kota madinah yang diawali dengan kampung bernama Kuba, beliau mengajak umat islam membangun secara bersama sama secara swadaya selama kurang lebih satu minggu untuk mendirikan masjid yang saat ini dinamakan Masjid Kuba, ” Jelas Idris.


Pria alumni pondok Gontor ini juga berharap agar sejarah Rasullulah SAW ini bisa dipahami sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan kegiatan-kegiatan keislaman.

“Begitulah Rasullulah SAW mengajarkan kepada umat islam untuk gotong royong dalam membangun sebuah masjid yang sebagai sentra kegiatan umat islam. Mudahan mudahan sejarah ini bisa kita pahami sebagai bahan pertimbangan dalam kita melakukan kegiatan kegiatan keislaman, ” Tutupnya.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!