Menu

Jadi Warisan Dunia, Sanggar Merah Delima Adakan Lomba Festival Gerak Jurus Pertama Kali

  Dibaca : 112 kali
Jadi Warisan Dunia, Sanggar Merah Delima Adakan Lomba Festival Gerak Jurus Pertama Kali

Siaran Depok – Pencak silat kini menjadi warisan dunia, untuk itu dalam acara “The Power of Pencak Silat” Sanggar Merah Delima di bawah naungan perguruan Beksi Merah Delima Indonesia (BMDI) mengadakan lomba pagelaran jurus atau Festival Gerak Jurus untuk pertama kali sebagai upaya melestarikan silat, di Dmall Depok (3/4/20).

“Dengan diadakannya lomba ini kita mau regenerasi anggota agar silat tetap lestari dan ingin melatih mental mereka karena nanti peserta terbaik akan kita persiapkan untuk mengikuti pentas silat di tingkat nasional” tutur Wili Ananta selaku ketua Festival Gerak Jurus.


Acara Festival Gerak Jurus sendiri diikuti oleh 360 peserta dengan kategori perorangan, pasangan, dan kelompok. Untuk mengikuti lomba ini tidak ada persyaratan khusus yang terpenting peserta merupakan anggota komsi atau perguruan.

Wili ananta menuturkan, dalam lomba ini original merupakan nilai utama dalam pemilihan pemenang. “penilain lomba yang paling penting harus original. Selain itu, gerakan harus tepat, kompak, dan kerapihan aksesoris” tambahnya.

Saat ini pencak silat sendiri telah diakui oleh badan dunia UNESCO, untuk itu Wili Ananta mengajak masyarakat ikut serta melestarikan silat “Kalau sebatas hari ini kita hanya mendapat pengakuan, kedepannya siapa yang akan menjaga kalau bukan kita sendiri” tuturnya.

Salah satu peserta Festival Gerak Jurus, Aulia (18) merasa senang dengan kehadiran festival ini karena menurutnya dengan diadakan festival seperti ini masyarakat bisa lebih mengenal silat sehingga silat tetap lestari “Festival ini selain memberi wadah bagi saya yang baru pertama kali pentas juga sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengenal silat lebih dekat.” Pungkasnya di sela-sela acara.

(Sri Wahyuni)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!