Menu

Akibat Pemadaman Listrik, Penjual Ikan Hias Depok Rugi Jutaan Rupiah

  Dibaca : 163 kali
Akibat Pemadaman Listrik, Penjual Ikan Hias Depok Rugi Jutaan Rupiah

Siarandepok.com – Beberapa penjual ikan hias mengeluh rugi akibat dampak dari pemadaman listrik di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Salah satunya penjual ikan hias dan Aquascape di Jalan Raya Citayam, Depok, Jawa Barat.

Amir Nasution (38), seorang penjual ikan hias mengatakan, dampak dari pemadaman listrik yang terjadi membuat dirinya merugi lantaran banyak ikan hias miliknya mati. Sebab, pemadaman listrik itu terjadi di hari libur Minggu, di mana hari itu biasanya menjadi hari panen bagi para pedagang ikan hias.

“Pengaruhnya pasti ada namanya dagang di hari minggu kan hari panen istilahnya, dampaknya di malamnya biasanya ramai ini karena gelap jadi sepi pembelinya,” kata Amir, Senin (5/8/2019).

Dia menuturkan, pengaruh listrik dengan matinya ikan- ikan yang berada di akuarium disebabkan karena hilangnya oksigen yang dihasilkan dari mesin dan filter oksigen. Dia menjelaskan bantuan oksigen di dalam akuarium sangat dibutuhkan oleh ikan-ikan terutama yang riskan terhadap penyakit.

“Pengaruh terhadap ikan hias pastinya sangat berpengaruh karena ikan-ikan butuh oksigen yang dialiri melalui listrik. Jenis ikan koki, koi, mas, ikan neon, ikan gapi, ikan discus, green tiger selayer dan lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Dadang (33) penjual Aquascape juga mengaku omzet penjualannya menurun drastis hingga 80 persen. Sebab, pembeli enggan berkunjung ke kios miliknya karena sedang mati listrik.

“Penjualan menurun karena kondisi gelap walaupun lampu emergensi ya tetap aja sulit. Biasanya di hari libur kita rasakan omzet bisa sampai 1-5 juta. Tapi kemarin anjlok banget sekitar 80 persen, seharian cuma sekitar Rp200-400 ribu,” tuturnya.

Dadang enggan menyalahkan pemerintah, dan hanya bisa berharap jika pemadaman listrik tidak terjadi lagi, karena hal tersebut membuat dirinya rugi hingga jutaan rupiah.

“Listrik mati kita pikirin ikan karena mati lampunya lama banget kalau satu dua jam ya kita bisa toleransi kalau lama ya pasti ikan bisa pada mati. Saya gak menyalahkan pemerintah, mudah-mudahan gak ada pemadaman lama lagi,” ujarnya.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional