oleh

Pembangunan Museum Rasullulah di Kota Depok

Siarandepok.com – Pelaksanaan pembangunan Museum Rasulullah Depok akan dibangun pada tahun 2019 ini.

Rencananya, museum tersebut akan berada satu lokasi dengan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Diketahui, pembangunan Meseum Rasulullah ini merupakan keputusan dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI).

“Alhamdulillah berkat putusan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, Ketua Umum DMI Muhammad Jusuf Kalla dan juga saya selaku Wakil Ketua Umum mendapat kepercayaan khusus untuk membangun Museum Rasulullah di Indonesia dalam waktu dekat,” kata Wakil Ketua DMI Syafruddin melalui keterangan tertulis, Kamis (1/8/2019).

Pada hari itu pula, DMI bertemu dengan Pimpinan Yayasan Museum As-Salamu Alayka Ayyuha An-Nabiyy Abdullah Nassir membahas berbagai hal teknis agar Museum Rasulullah dapat segera terwujud.

Syaruddin menambahkan, Museum Rasulullah yang akan dibangun di Indonesia merupakan museum modern yang lengkap dengan sistem digital serta alat peraga yang canggih.

Sementara itu, Abdullah Nassir mengatakan, Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia memiliki kepentingan untuk mengembangkan museum ini.

Sebab, museum ini dapat menjadi forum pembelajaran tentang Islam sekaligus objek wisata religi.

Semua koleksi penting berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW, lanjutnya, dapat dilihat dalam museum.

Dengan demikian, umat manusia secara umum dan umat Islam khususnya akan mendapat informasi tentang Nabi Muhammad dan Islam yang penuh kedamaian.

Menurut Nassir, lokasi yang dipilih DMI untuk pembangunan Museum Rasulullah sangat ideal, karena memiliki sarana serta prasarana pendukung yang lengkap.

Kalla selaku Wakil Presiden sekaligus Ketua DMI juga berpesan agar Museum Rasulullah yang akan dibangun agar bisa menyertakan sejarah Islam di Indonesia.

Selain itu Kalla berpesan supaya museum ini juga menjadi destinasi wisata religi terbaru dunia.

Indonesia menjadi negara pertama di luar kawasan jazirah Arab yang akan memiliki Museum Rasulullah. Saat ini, selain di Madinah, Arab Saudi, Museum Rasulullah juga berada di Turki.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru