Menu

Eksklusif: AS Membersihkan Investasi SoftBank 2,25 Miliar Dollar Di Cruise Yang Didukung GM

  Dibaca : 69 kali
Eksklusif: AS Membersihkan Investasi SoftBank 2,25 Miliar Dollar Di Cruise Yang Didukung GM

Siarandepok.com -Cruise, sebuah perusahaan kendaraan self-driving AS yang mayoritas dimiliki oleh General Motors Co, pada hari Jumat bahwa panel keamanan nasional AS menyetujui investasi $ 2,25 miliar Dollar di perusahaan oleh SoftBank Corp Jepang.

SoftBank mendapat sorotan tajam dari A.S. atas hubungannya dengan perusahaan-perusahaan Cina dalam menghadapi meningkatnya perdagangan dan perang teknologi antara Washington dan Beijing. Ini sedang dalam proses meningkatkan kendaraan investasi $ 100 miliar keduanya, dijuluki Vision Fund, setelah mengerahkan yang pertama dengan ukuran yang sama.

Komite Investasi Asing di Amerika Serikat (CFIUS), yang mengkaji kesepakatan untuk masalah keamanan nasional potensial, menyetujui investasi berdasarkan jaminan baru bahwa teknologi Cruise akan sepenuhnya terlarang bagi SoftBank, sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan.

Seorang juru bicara SoftBank menolak berkomentar. Departemen Keuangan, yang memimpin CFIUS, tidak segera menanggapi permintaan komentar. Persetujuan tersebut membuka tempat duduk bagi SoftBank di papan Cruise, meresmikan pengawasannya, dan membiayai pembiayaan utama untuk Cruise, yang telah mengumpulkan modal $ 7,25 miliar sejak tahun lalu, kata perusahaan itu.

“Berita hari ini adalah langkah penting menuju pencapaian tujuan kami untuk mengembangkan dan menggunakan kendaraan self-driving dalam skala besar,” kata CEO Cruise Dan Ammann dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

Namun, persetujuan untuk kesepakatan itu tidak selalu tampak pasti karena CFIUS meneliti dengan cermat, menurut dua orang yang dekat dengan kesepakatan itu.

Investasi senilai $ 2,25 miliar ini diluncurkan oleh SoftBank pada Mei 2018 di tengah gelombang investasi oleh teknologi Jepang dan konglomerat telekomunikasi dalam kecerdasan buatan, analisis data, layanan keuangan, dan mobil self-driving.

 

BENDERA MERAH

Investasi menaikkan bendera merah dengan CFIUS karena SoftBank berinvestasi di banyak unit mobilitas, beberapa berbasis di Cina, dan mendorong perusahaan yang berinvestasi untuk berbagi informasi.

CFIUS sangat prihatin dengan investasi bersama SoftBank dengan Tencent Holdings Ltd, raksasa media sosial dan game China, dan investasinya di perusahaan pengendara sepeda China Didi, yang dikhawatirkan dapat mengambil teknologi dari Cruise, kata sumber.

Komite itu, yang didukung oleh undang-undang tahun lalu yang bertujuan untuk memperkuat panel antar-lembaga, semakin menguatkan perusahaan-perusahaan China karena Beijing dan Washington tetap terkunci dalam pertikaian perdagangan dan teknologi yang memanas.

Perusahaan game Cina Beijing Kunlun Tech Co Ltd telah berusaha untuk menjual Grindr LLC, aplikasi kencan gay yang populer, setelah CFIUS mengatakan kepemilikannya menimbulkan risiko keamanan nasional. CFIUS menghentikan rencana tahun lalu oleh Ant Financial, yang dimiliki oleh ketua konglomerat internet China Alibaba, untuk mengakuisisi MoneyGram International Inc.

Kesepakatan Cruise disusun untuk memungkinkan investasi $ 900 juta yang akan dicairkan pada awalnya, dengan sisanya disediakan setelah AV Cruise siap untuk penyebaran komersial dan bergantung pada persetujuan peraturan. Kedua Tranche akan bergabung untuk memberi SoftBank hampir 20 persen saham di Cruise.

Namun, perusahaan Jepang secara terpisah mengumumkan investasi bersama dengan GM, T. Rowe Price, dan Honda sebesar $ 1,15 miliar awal tahun ini, lebih lanjut meningkatkan sahamnya.

Investasi Softbank, diikuti oleh pengumuman Honda pada Oktober bahwa pihaknya akan menggelontorkan $ 2,75 miliar ke Cruise, masih merupakan salah satu investasi terbesar dan paling terkenal dalam teknologi self-driving sampai saat ini.

Vision Fund-nya, dana teknologi terbesar di dunia, meluncurkan investasi 1,5 miliar dolar AS di platform mobil bekas China, Chehauduo Group, pada Februari. Reuters melaporkan pada bulan Desember bahwa dana yang sama sedang merekrut tim investasi yang berbasis di China untuk meningkatkan kehadirannya di salah satu pasar teknologi paling bersemangat di dunia.

Ini bukan pertama kalinya SoftBank melakukan review CFIUS yang berlarut-larut. Mereka harus menerima pembatasan A.S. tentang cara menjalankan beberapa perusahaannya, termasuk operator nirkabel Sprint Corp dan perusahaan investasi Fortress Investment Group.

SoftBank kehilangan klaim untuk dua kursi di dewan Uber Inc ketika raksasa naik-naik mengapung di pasar saham pada bulan Mei. SoftBank tidak pernah menerima izin untuk kursi dewan dari CFIUS setelah kesepakatan pada 2017 untuk menginvestasikan $ 9 miliar di Uber.

Industri kendaraan otonom dapat merevolusi transportasi tetapi menghadapi tantangan teknis, keselamatan dan peraturan, serta skeptisisme di kalangan pengguna potensial.

GM Cruise dan Alphabet Inc Waymo sering digambarkan sebagai yang memimpin paket teknologi dan perusahaan mobil yang bersaing untuk membuat mobil yang bisa mengemudi sendiri dan mengintegrasikannya ke dalam armada layanan perjalanan.

Source  : Reuters.com

Penulis : Hanna Dwi Fajrini

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional