Menu

Gurun California : Akan Terjadinya Gempa Susulan Yang Lebih Kuat Dari Sebelumnya

  Dibaca : 52 kali
Gurun California : Akan Terjadinya Gempa Susulan Yang Lebih Kuat Dari Sebelumnya

Siarandepok -Komunitas gurun tinggi di California Selatan pada hari Sabtu bersiap-siap untuk gempa susulan yang berpotensi berbahaya dari gempa bumi besar yang merusak gedung-gedung, menghancurkan saluran gas dan memicu kebakaran di dekat episentrum terpencil gempa bumi kedua dalam beberapa hari.

Getaran berkekuatan 7,1 yang dahsyat mengguncang kota Gurun Mojave di Ridgecrest di selatan Taman Nasional Death Valley saat kegelapan turun pada hari Jumat, menyentak area itu dengan kekuatan delapan kali lebih banyak daripada gempa 6,4 yang menghantam wilayah yang sama 34 jam sebelumnya.

Gubernur California Gavin Newsom meminta bantuan federal dan menempatkan Kantor Layanan Darurat (OES) negara bagian dalam siaga tertinggi. “Kami memiliki laporan signifikan tentang kebakaran, kebakaran struktural, sebagian besar sebagai akibat kebocoran gas atau kerusakan saluran gas,” kata Direktur OES Mark Ghilarducci pada konferensi pers larut malam pada hari Jumat. Guncangan hebat juga menyebabkan kerusakan saluran air dan mematikan daya dan komunikasi ke beberapa bagian Ridgecrest, rumah bagi sekitar 27.000 orang sekitar 200 kilometer di timur laut Los Angeles.

Tidak ada korban jiwa atau cedera serius yang dilaporkan akibat gempa, kata polisi. “Ini adalah gempa yang sangat besar, dan kami juga tahu akan ada serangkaian gempa susulan sebagai akibat dari gempa utama,” kata Ghilarducci, seraya menambahkan bahwa agensinya menghadapi tantangan untuk mendapatkan sumber daya ke zona gempa yang terisolasi. “Ini tidak akan menjadi sesuatu yang akan segera berakhir.”

Semalam, sekitar enam jam setelah gempa utama, pusat Ridgecrest hening, kecuali sesekali gemuruh gempa susulan. Beberapa warga terlihat duduk di kursi taman di kegelapan di luar. Pintu garasi banyak rumah dibiarkan terbuka dengan mobil yang diparkir di jalan masuk.

Stasiun Senjata Udara Angkatan Laut AS yang besar, Danau Cina di barat laut kota dievakuasi dari semua personel yang tidak penting setelah gempa.

Fasilitas, yang lebih dari 1,1 juta hektar (445.000 hektar) lebih besar dari negara bagian Rhode Island, melaporkan tidak ada korban luka. Pihak berwenang menilai kerusakan pada bangunan atau infrastruktur lainnya, menurut sebuah posting di halaman Facebook pangkalan itu.

 

AKAN DATANG LEBIH BANYAK LAGI

Gempa Jumat terasa luas di California Selatan, termasuk Los Angeles yang lebih besar, di mana guncangan di beberapa daerah berlangsung sekitar 40 detik. Gemuruh tingkat rendah meluas hingga utara ke daerah Teluk San Francisco dan selanjutnya ke Reno, Nevada, dan sejauh timur sampai Phoenix, Arizona.

Seismolog mengatakan gempa awal pada hari Kamis, dan sejumlah yang lebih kecil yang mengikutinya, terbukti menjadi goncangan untuk gempa yang lebih besar pada hari Jumat, yang sekarang peringkat sebagai California Selatan yang paling kuat sejak gempa 7,1 yang melanda dekat pangkalan Korps Marinir AS di Gurun Mojave di 1999.

Survei Geologi A.S. mengatakan gempa hari Jumat segera diikuti oleh setidaknya 16 gempa susulan berkekuatan 4 atau lebih besar dan memperingatkan kemungkinan 50 persen dari gempa berkekuatan 6 lainnya di hari-hari mendatang. Ahli geologi menempatkan kemungkinan gempa berkekuatan 7 skala lainnya pada 10 persen selama minggu depan.

Pada pukul 7:30 pagi pada hari Sabtu, ada sekitar 500 gempa susulan dengan kekuatan 2,5 atau lebih besar di daerah sekitar pusat gempa, menurut data dari USGS.

Victor Abdullatif membantu membersihkan botol-botol yang pecah dan puing-puing lainnya di dalam toko minuman keras ayahnya, Pasar Eastridge, yang mengalami kerusakan pada langit-langitnya, dan menemukan gempa susulan berkala itu mengerikan.

“Mereka masih menakutkan karena Anda hampir tidak tahu,” Apakah ini akan menjadi gempa bumi penuh? “Anda harus memiliki keyakinan bahwa itu hanya gempa susulan,”

Di sebelah selatan Ridgecrest, ada laporan keruntuhan bangunan dan kebocoran gas di kota kecil Trona, rumah bagi sekitar 2.000 penduduk, kata Ghilarducci.

Sebuah longsoran batu menutup State Road 178 di Kern County, dan rekaman video yang diposting di Twitter menunjukkan bentangan jalan telah melengkung.

Gempa merusak besar terakhir yang melanda California Selatan adalah gempa Northridge berkekuatan 6,7 pada tahun 1994, yang melanda daerah padat penduduk Los Angeles. Ini menewaskan 57 orang dan menyebabkan miliaran dolar dalam kerusakan properti.

Kerusakan yang relatif terbatas dari gempa Jumat, yang mengemas kekuatan yang lebih besar daripada peristiwa Northridge, adalah fungsi lokasinya di daerah terpencil yang kurang berkembang.

Gerakan daratnya, bagaimanapun, mengejutkan seismik California Selatan di wilayah yang luas.

 

Kolam renang di Los Angeles jatuh dengan liar, dan kamera TV di Stadion Dodger bergetar ketika mereka merekam pertandingan pertandingan Major League Baseball antara Los Angeles Dodgers dan San Diego Padres.

Seorang wanita pembawa acara televisi menghindar dari pandangan selama siaran berita lokal ketika teriakan “di bawah meja” terdengar di latar belakang.

 

Source  : Reuters.com

Penulis : Hanna Dwi Fajrini

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional