Iran Meningkatkan Tingkat Pengayaan Uranium Di Atas Batas Pakta Nuklir: Rouhani

- Reporter

Rabu, 3 Juli 2019 - 21:27

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Siarandepok.com -Iran akan meningkatkan pengayaan uraniumnya setelah 7 Juli ke tingkat apa pun yang dibutuhkan di luar batas yang ditetapkan dalam kesepakatan nuklir 2015, Presiden Hassan Rouhani mengatakan pada hari Rabu, menentang upaya AS untuk memaksa Teheran melakukan negosiasi ulang pakta.

Iran mengumumkan minggu ini bahwa mereka telah menimbun uranium yang lebih diperkaya lebih rendah daripada yang diizinkan di bawah perjanjian tersebut, sebuah langkah yang mendorong Presiden A.S. Donald Trump – yang menarik Amerika Serikat dari kesepakatan tahun lalu – untuk memperingatkan bahwa Iran “bermain dengan api”.

Penandatangan bersama Eropa mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka “sangat prihatin” dengan pelanggaran nyata Teheran terhadap kesepakatan tersebut sementara Israel mengatakan sedang mempersiapkan kemungkinan keterlibatan dalam setiap konfrontasi militer antara Iran dan Amerika Serikat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketegangan berminggu-minggu luntur bulan lalu ketika Teheran menembak jatuh sebuah pesawat pengintai militer A.S. dan Trump menanggapi dengan keputusan untuk meluncurkan serangan udara hanya untuk membatalkannya pada menit terakhir. Washington juga menuduh Iran berada di belakang serangan terhadap beberapa kapal tanker minyak di Teluk, yang dibantah Teheran.

“Tingkat pengayaan kita tidak lagi 3,67. Kami akan mengesampingkan komitmen ini dengan jumlah apa pun yang kami rasa, dengan jumlah berapapun kebutuhan kami, kebutuhan kami. Kami akan mengambil ini di atas 3,67, ”kata Rouhani, menurut kantor berita IRIB. Dia menambahkan bahwa tindakan Republik Islam dapat dibalik. “Semua tindakan kita dapat dikembalikan ke kondisi sebelumnya dalam waktu satu jam, mengapa kamu khawatir?” Meskipun nadanya sangat keras, Rouhani adalah arsitek pakta nuklir dan dipandang sebagai pragmatis, tidak seperti ulama senior di elit penguasa Iran yang menentang pembukaannya ke Barat dan tidak pernah menyerah dalam pengaduan mereka terhadap Amerika Serikat. Uranium yang dimurnikan hingga kemurnian fisil 3,67% dianggap cocok untuk pembangkit listrik dan maksimum yang diizinkan oleh kesepakatan. Pengayaan hingga 90% menghasilkan material kelas-bom.

REAKTOR AIR BERAT

Rouhani mengatakan bahwa jika penandatangan lain tidak melindungi perdagangan dengan Iran yang dijanjikan di bawah kesepakatan tetapi diblokir oleh penerapan kembali sanksi keras Trump, Teheran juga akan mulai menghidupkan kembali reaktor air-berat Arak setelah 7 Juli. Sebagaimana disyaratkan oleh perjanjian itu, Iran mengatakan pada Januari 2016 bahwa mereka telah menghilangkan inti reaktor dan mengisinya dengan semen. “Mulai (7 Juli) dan seterusnya dengan reaktor Arak, jika Anda tidak mengoperasikan (sesuai dengan) program dan kerangka waktu semua komitmen yang Anda berikan kepada kami, kami akan mengembalikan reaktor Arak ke kondisi sebelumnya,” kata Rouhani. “Artinya, kondisi yang Anda katakan berbahaya dan dapat menghasilkan plutonium,” katanya, merujuk pada komponen potensial utama dari bom nuklir. “Kami akan kembali ke sana kecuali kamu mengambil tindakan sehubungan dengan semua komitmenmu tentang Arak.”

Dia menjaga pintu tetap terbuka untuk negosiasi, dengan mengatakan Iran akan kembali mengurangi persediaan uraniumnya yang diperkaya di bawah batas 300 kilogram yang ditetapkan oleh pakta nuklir jika penandatangan Inggris, Prancis, Jerman, Rusia dan China menghormati janji perjanjian mereka.

Iran tidak akan mendapatkan apa-apa dengan menyimpang dari ketentuan-ketentuan perjanjian, kementerian luar negeri Perancis memperingatkan pada hari Rabu. Boris Johnson, kandidat utama untuk menggantikan Perdana Menteri Inggris Theresa May, mendesak Iran untuk “berpikir sangat, sangat keras” tentang membatalkan kesepakatan yang telah menjadi “penjamin stabilitas yang baik” dalam hubungan dengan Uni Eropa dan Washington.

SANKSI A.SUMPUL
Ketegangan antara Washington dan Teheran telah meningkat sejak Trump menarik Washington keluar dari pakta pada Mei 2018 dan bertindak untuk menghalangi semua penjualan internasional minyak Iran, sumber kehidupan ekonomi Republik Islam itu. “Jika Amerika sangat takut pada kata ‘api’ maka itu tidak seharusnya menyalakan api,” Rouhani, tampaknya merujuk pada pernyataan Trump, mengatakan dalam sambutannya di situs web presiden.

“Dan satu-satunya cara untuk memadamkan api adalah kembali ke komitmen dan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (yang mendukung perjanjian 2015).” Para penandatangan perjanjian Eropa telah berusaha untuk menarik kembali dua musuh lama dari ambang konflik militer, khawatir kesalahan bisa spiral ke perang Timur Tengah yang lebih luas yang membahayakan keamanan global dan pasokan energi. Israel telah mendorong pemerintahan Trump untuk terus maju dengan sanksi terhadap musuh bebuyutannya regional Iran, yang memperkirakan bahwa Teheran pada akhirnya akan menegosiasikan kembali kesepakatan nuklir yang lebih terbatas seperti yang dituntut Washington.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyangkal bahwa Iran melanggar perjanjian nuklir dengan melampaui batas pada uranium yang diperkaya rendah, dengan mengatakan Iran menggunakan haknya untuk menanggapi setelah penarikan AS. “Sampai hari ini (Amerika Serikat) melihat (perjanjian nuklir) sebagai perjanjian yang buruk dan di bawah kondisi ini maka jika Iran ingin menjauhkan diri dari perjanjian ini maka mereka harus bahagia. Tapi (sekarang) bahwa Iran telah menjauhkan diri …, mereka kesal dan teriakan dan jeritan mereka telah meningkat di dunia, “katanya.

Kesepakatan nuklir mengangkat sebagian besar sanksi global terhadap Iran dengan imbalan pembatasan kapasitas pengayaan uraniumnya. Ini bertujuan untuk memperpanjang waktu yang diperlukan Teheran untuk menghasilkan bom nuklir, jika mau, dari sekitar 2-3 bulan hingga satu tahun. Teheran telah membantah niat untuk mengembangkan senjata nuklir.

Sebelum pertikaian dengan Washington, inspektur nuklir Amerika Serikat telah berulang kali memverifikasi bahwa Iran menghormati batas-batas pada cadangan uranium yang dimurnikan dan tingkat pengayaan.

EKSPOR MINYAK IRAN DITANGGUHKAN
Permintaan utama Iran – dalam pembicaraan dengan pihak-pihak Eropa untuk kesepakatan dan sebagai prasyarat untuk pembicaraan dengan Amerika Serikat – akan diizinkan untuk menjual minyaknya pada tingkat yang berlaku sebelum Trump meninggalkan kesepakatan dan memulihkan sanksi.

Ekspor minyak mentah Iran sekitar 300.000 barel per hari atau kurang pada akhir Juni, sumber-sumber industri mengatakan, sebagian kecil dari lebih dari 2,5 juta barel per hari Iran dikirim pada April 2018, sebulan sebelum Trump meninggalkan perjanjian nuklir. Kepala Pengawal Revolusi elit Iran pada hari Rabu mengatakan musuh – sebuah singgungan ke Washington – khawatir tentang prospek perang dan sebaliknya berfokus pada konflik ekonomi, menurut kantor berita semi-resmi Fars.

Teheran telah mengatakan rezim sanksi AS berjumlah “perang ekonomi” yang dimaksudkan untuk membuat penduduknya kelaparan. Iran sekarang dijauhi pasar minyak dan perusahaan-perusahaan asing besar telah membatalkan rencana untuk berinvestasi karena takut dikenai sanksi keuangan A.S. Trump menolak perjanjian nuklir dengan alasan bahwa itu terlalu lemah untuk tidak permanen dan tidak mencakup masalah keamanan seperti program rudal balistik Iran dan perilaku regional.

Source  : Reuters.com

Penulis : Hanna Dwi Fajrini

<

Berita Terkait

Bukan sekedar Gaya-gayaan, Betawi bakal punya Ikatan Cendekiawan Betawi
104 Santri Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago Tahun 2024 Ikuti Ujian Masuk Pondok Modern Darussalam Gontor
Rumah Hijabers Depok Membuka Peluang Usaha Fashion Dari Rumah Tanpa Modal
LPM Aktif dan Non Aktif Dukung Supian Suri Jadi Walikota Depok 2024
3 Periode Berkuasa, Mazhab HM Ungkap Mohammad Idris Faktor Kemenangan PKS Depok
Gelar Open House, Ribuan Warga Depok Berbondong-bondong Datangi Kediaman Supian Suri
Apakah Kita Masih Fitri?
Strategi Dakwah : Wajah Islam Tergantung Pada Dakwah

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 06:42

Bukan sekedar Gaya-gayaan, Betawi bakal punya Ikatan Cendekiawan Betawi

Kamis, 18 April 2024 - 19:01

104 Santri Pesantren Leadership Daarut Tarqiyah Primago Tahun 2024 Ikuti Ujian Masuk Pondok Modern Darussalam Gontor

Kamis, 18 April 2024 - 08:28

Rumah Hijabers Depok Membuka Peluang Usaha Fashion Dari Rumah Tanpa Modal

Senin, 15 April 2024 - 10:57

LPM Aktif dan Non Aktif Dukung Supian Suri Jadi Walikota Depok 2024

Senin, 15 April 2024 - 10:22

3 Periode Berkuasa, Mazhab HM Ungkap Mohammad Idris Faktor Kemenangan PKS Depok

Jumat, 12 April 2024 - 06:00

Apakah Kita Masih Fitri?

Senin, 8 April 2024 - 09:21

Strategi Dakwah : Wajah Islam Tergantung Pada Dakwah

Jumat, 5 April 2024 - 10:45

Gelar Puncak Acara Ramadhan, Zona Madina Ajak Masyarakat Mensyukuri Segala Hal

Berita Terbaru