Menu

Jumlah Kursi SMP dan SMA Negeri di Depok pada PPDB 2019

  Dibaca : 340 kali
Jumlah Kursi SMP dan SMA Negeri di Depok pada PPDB 2019

Siarandepok.com –¬†Dalam dua pekan mendatang, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kota Depok akan dimulai.

Agar tidak kehabisan kursi, orang tua/wali murid serta calon peserta didik penting mengetahui daya tampung SMP serta SMA/SMK Negeri di Depok pada PPDB 2019 ini.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Depok, Mulyadi mengatakan, di Kota Depok terdapat 26 SMP Negeri yang siap menampung 6.976 siswa lulusan SD pada PPDB tahun ini.

Daya tampung ini telah disesuaikan dengan kapasitas di masing-masing sekolah.

“Sesuai yang tertera di petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana PPDB 2019, daya tampung SMP Negeri tahun ini sekitar 6.976 siswa,” kata Mulyadi di Balai Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Jumat (14/6/2019).

Jumlah Rombongan Belajar

Mulyadi menjelaskan, dari 26 SMP Negeri yang berada di Kota Depok tidak seluruhnya memiliki jumlah rombongan belajar (rombel) yang sama.

Maksimal jumlah rombel , menurut Mulyadi, adalah 9-11 rombel untuk satu sekolah, dan masing-masing rombel hanya boleh diisi oleh 32 siswa.

“SMP Negeri kami memiliki 218 rombel dengan rata-rata sembilan rombel. Untuk yang 11 rombel ada di SMP Negeri 1 Depok dan SMP Negeri 11 Depok. Keduanya memiliki kelas tambahan, yakni kelas seni dan olahraga,” tuturnya.

Sebagai informasi, PPDB jenjang SMP Negeri baru akan dibuka pada 27-28 Juni 2019 untuk yang mendaftar melalui jalur prestasi.

Sedangkan PPDB SMP melalui jalur zonasi reguler berlangsung mulai 4-5 Juli 2019.

“Siapkan persyaratannya seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Fotokopi Kartu Indonesia Anak, Surat Keterangan Lulus (SKL), Surat Hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional, dan syarat lainnya,” kata dia menerangkan.

Jadwal PPDB SMA/SMK

Berbeda dengan PPDB SMP Negeri yang baru akan dimulai pada akhir Juni, PPDB SMA/SMK Negeri akan berlangsung pekan depan mulai 17-22 Juni 2019.

Saat ini, terdapat 13 SMA Negeri dan 4 SMK Negeri yang siap menampung ribuan siswa lulusan SMP baik dari dalam maupun luar Kota Depok.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Jawa Barat, Dadang Ruhiyat menyebut, tahun ini 17 SMA/SMK Negeri di Depok dapat menampung total 5.406 siswa lulusan SMP.

Jumlah tersebut dibagi menjadi 3.858 kursi SMA dalam 108 rombel dan 1.548 bangku SMK Negeri dalam 43 rombel.

“Kalau SMA dan SMK masing-masing rombel hanya boleh berisi 36 siswa,” jelas Dadang.

Tiga Jalur Penerimaan

Dadang menuturkan, PPDB SMA/SMK 2019 di Kota Depok hanya menyediakan tiga jalur, yakni jalur zonasi, prestasi, dan perpindahan orangtua dari luar Kota Depok.

PPDB melalui ketiga jalur tersebut akan berlangsung pada waktu yang bersamaan selama sepekan.

Sama halnya dengan SMP ada beberapa jalur yang mendaftar melalui online, SMA/SMK Negeri pun demikian. Apabila melalui sistem offline dapat mendatangi sekolah tujuan masing-masing pilihan pertama, dan atau yang menggunakan sistem online dapat mengunjungi laman PPDB Provinsi Jawa Barat.

“PPDB dari tahun ke tahun ada yang pakai online dan offline. Kalau online melalui laman http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id,” jelas Dadang.

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional