Menu

Manfaat Serai untuk Kesehatan

  Dibaca : 136 kali
Manfaat Serai untuk Kesehatan

Siarandepok.com – Di saat musim hujan seperti sekarang ini, minum teh panas bisa dijadikan pilihan untuk menghangatkan tubuh. Agar lebih sehat, Anda dapat mencampurkan serai ke dalam teh. Selain menambah rasa, serai atau juga sering disebut sereh ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tumbuhan yang memiliki nama latih Cymbopogon citratus ini adalah jenis rumput-rumputan tinggi yang biasa digunakan sebagai bahan masakan. Serai sangat terkenal di kawasan Asia Tenggara karena aromanya yang khas untuk menambah cita rasa makanan.

Tak jarang, serai menjadi teman minum teh. Di banyak restoran, teh dengan campuran serai banyak dijual dan menjadi salah satu minuman favorit di masa sekarang.

Selain penggunaannya sebagai penyedap, ternyata sereh juga digunakan untuk tujuan pengobatan, beberapa di antaranya didukung oleh bukti ilmiah.

Beragam manfaat serai dan kandungannya

Ketika digunakan sebagai obat, serai dapat diminum, digosokkan pada kulit, atau dihirup sebagai perawatan aromaterapi. Jika diminum, serai dapat menenangkan perut yang terasa tidak nyaman dan masalah gastrointestinal lainnya, termasuk kram perut dan muntah.

Lebih dari itu, serai ternyata juga dapat dikonsumsi untuk mengobati berbagai jenis gangguan kesehatan berikut ini:

Hipertensi, Epilepsi, Batuk, Rematik, Demam, Flu, Diabetes, Insomnia, Kecemasan, Kanker

Sementara itu, jika diterapkan pada kulit, serai atau minyak serai bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala. Sebagai perawatan aromaterapi, ekstrak minyak serai dapat dihirup untuk mengobati nyeri otot, infeksi, pilek, atau gejala flu.

Penulis: Ibnu Ryandha

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional