Menu

Pancasila Mangabdi Universitas Pancasila 2019 “Mambangun Negeri Dengan Sepenuh Hati”

  Dibaca : 82 kali
Pancasila Mangabdi Universitas Pancasila 2019 “Mambangun Negeri Dengan Sepenuh Hati”

Siarandepok.com – Universitas Pancasila kembali menyelenggarakan “Pancasila Mengabdi” yang akan dilaksanakan pada 13 Juli hingga 1 Agustus 2019.  Pancasila mengabdi merupakan program kerja senat KMUP dimana mahasiswa akan turun secara langsung untuk berkecimpung dalam masyarakat.

Acara ini merupakan kelanjutan dari program kerja yang sama di tahun 2018. Oleh karena itu, Desa Gobang, Kec. Rumpin, Kab. Bogor, Jawa Barat, akan tetap menjadi lokasi pengabdian masyarakat tahun ini dan direncanakan untuk program lanjutan dua tahun kedepan.

Desa Gobang memiliki potensi yang tinggi bagi kemajuan desanya. Topologi lahan sangat memungkinkan untuk berbagai jenis sumber daya alam tumbuh subur. Masalahnya, warga desa kurang peka terhadap inovasi-inovasi sehingga hasil panen yang berpotensi tinggi tidak dapat terolah secara maksimal.

Kurangnya pembekalan merupakan pemicu utama terjadinya masalah-masalah yang ada di desa.  Untuk itu pancasila mengabdi akan berusaha melakukan yang terbaik untuk memberi solusi bagi desa Gobang atas permasalahan yang dihadapi.

Tahun 2018 lalu, Pancasila Mengabdi telah berhasil memperbaiki sektor pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan dengan cara merenovasi sekolah dasar, membangun jalan, membuat instalasi air, memperbaiki kamar mandi, serta melakukan penyuluhan pada masyarakat dan siswa-siswi SD mengenai pentingnya menjaga kesehatan.

Di tahun ini, program yang akan dilaksanakan berfokus pada pembangunan strategis guna mendorong sektor ekonomi kreatif melalui pemberdayaan masyarakat. Pembangunan strategis yang dimaksudkan adalah dengan membangun GSG (Gedung Serba Guna) yang akan dijadikan pusat kegiatan advokasi, edukasi, maupun organisasi terkait dengan pengelolaan produk unggulan desa yang akan dikembangkan.

Produk unggulan desa tersebut yakni kopi, gula aren, keripik pisang, serta kerajinan tangan yang terbuat dari serat kelapa. Selain itu juga akan dilaksanakan seminar character building bagi pemuda desa agar dapat mengembangkan perekonimian desa tanpa harus melakukan urbanisasi.

Kami berharap difusi inovasi yang akan kami berikan dapat meningkatkan perekonomian, pengetahuan serta kesadaran warga desa akan lingkungan, kehidupan, dan pendidikan. Dengan demikian taraf kesejahteraan hidup warga desa akan menjadi lebih baik.

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional