Menu

Di Depok, Anak Keluarga Miskin yang Ingin Sekolah tidak Perlu SKTM

  Dibaca : 131 kali
Di Depok, Anak Keluarga Miskin yang Ingin Sekolah tidak Perlu SKTM

Siarandepok.com – Warga miskin Kota Depok yang ingin menyekolahkan  anaknya ke jenjang SMP, SMA, dan SMK,  untuk tahun ajaran 2019/2020 tidak perlu lagi membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke kantor kelurahan setempat.  Gantinya cukup lampirkan surat keterangan dari sekolah asal.

“Untuk warga miskin yang ingin menyekolahkan atau melanjutkan anaknya bersekolah ke SMP, SMA maupun SMK di Kota Depok cukup melampirkan surat pernyataan dari sekolah asal,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok M.Thamrin didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Pendas) Disdik, Mulyadi, Selasa (21/5).

Ketetapan tersebut berdasarkan Petunjuk Pelaksana (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) terbaru sebagai salah satu upaya menghidari atau adanya keluhan masyarakat kaitan penyalahgunaan SKTM yang akan dibuat di kantor kelurahan tersebut,  ujarnya.

“Kalau tidak salah masalah pembuatan SKTM di kantor kelurahan saat tahun ajaran baru 2018/2019 malah dijadiakan ajang pungli oknum kelurahan, ” imbuhnya, sehingga banyak dikeluhkan masyarakat waktu itu.

Kabid Disdik Depok  Mulyadi mengatakan, surat pernyataan dibuat oleh orangtua calon pelajar dengan mengajukan ke sekolah asal. Setelah itu, pihak sekolah akan melakukan survei ke rumah yang bersangkutan.

“Surat yang dibuat oleh orangtua calon siswa,harus diketahui pihak RT-RW setempat.Surat tersebut,sambungnya juga harus diberi materai 6000,” ujarnya.

Jika semua persyaratan telah dipenuhi,tuturnya baru sekolah asal mengeluarkan surat pernyataan dari kepala sekolah membenarkan siswanya termasuk kategori tidak mampu.

Penulis : Ardiansyah Septian

Editor: Reza fiqih faturrahman

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional