Menu

Peristiwa Ditanggal 13 Mei

  Dibaca : 40 kali
Peristiwa Ditanggal 13 Mei

Siarandepok.com – Beberapa peristiwa bersejarah dan penting terjadi pada 13 Mei. Beberapa di antaranya adalah dimulainya rangkaian kerusuhan di Jakarta pada 1998 sampai teror ledakan bom di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Berikut diantaranya:

1950 – Balap F1 Digelar Perdana

Pada 13 Mei 1950, ajang balap mobil Formula One (F1) untuk pertama kalinya digelar di Sirkuit Silverstone, Inggris.

1981 – Percobaan Pembunuhan Paus Yohanes Paulus II

Pada 13 Mei 1981, seorang pria bernama Mehmet Ali Ağca coba melakukan pembunuhan dengan cara menembak Paus Yohanes Paulus II dengan serius di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

1998 – Kerusuhan Mei ’98

Peristiwa Mei ’98 adalah kerusuhan rasial terhadap etnis Tionghoa yang terjadi di Indonesia, tepatnya pada 13 sampai 15 Mei, khususnya di Ibu Kota Jakarta, namun juga terjadi di beberapa daerah lain.

Kerusuhan ini diawali krisis finansial Asia dan dipicu Tragedi Trisakti di mana empat mahasiswa Universitas Trisakti ditembak dan terbunuh dalam demonstrasi 12 Mei 1998.

Hal ini pun mengakibatkan turunnya Soeharto dari jabatan presiden, kemudian dilantiknya BJ Habibie.

2018 – Teror Bom di Surabaya

Setidaknya ada beberapa ledakan bom yang terjadi di Surabaya pada awal Mei 2018. Di antaranya adalah di tiga gereja yang berada di Surabaya, yakni Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel, Gereja Pantekosta di Jalan Arjuno, dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan Diponegoro.

Setelah terjadi ledakan di rumah susun belakang Polsek Taman Sepanjang, Sidoarjo. Kemudian aksi bom bunuh diri kembali terjadi di pintu masuk Mapolrestabes Surabaya.

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional