Menu

Di Desa Pesanggrahan, 65 Relawan Fakultas Ilmu Keperawatan Univ Indonesia Adakan Penyuluhan Kesehatan

  Dibaca : 149 kali
Di Desa Pesanggrahan, 65 Relawan Fakultas Ilmu Keperawatan Univ Indonesia Adakan Penyuluhan Kesehatan

Siarandepok.com – 65 orang dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia melakukan pengabdian masyarakat di Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan Purwakarta, pada 27-29 April 2019. Kegiatan ini bertepatan dengan Hari Posyandu Nasional, didukung oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI).

Dr. Enie Novieastari,S.Kp.,MSN, Ketua Tim kegiatan ini mengatakan, perilaku sehat harus ditanamkan sejak dini, agar tercipta masyarakat yang sehat di masa datang. Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, karena itulah DRPM UI mendukung penuh kegiatan ini.

“Selain penyuluhan, kami juga memberikan pelatihan enam langkah mencuci tangan pakai sabun, skrining kesehatan anak-anak dan warga, serta pelaporan hasil skrining kepada pihak desa. Penyuluhan dilakukan tidak hanya dengan pemberian materi, namun juga secara kreatif bermain ular tangga PHBS, sehingga anak-anak belajar dengan fun dan bahagia. Tema kegiatan ini adalah pembentukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak sekolah”. jelas Enie Novieastari di Purwakarta, Selasa 30 April 2019.

Acep Rahmat, Kepala Desa Pasanggrahan menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, di kampung Tajur hanya ada 1 posyandu dan puskesmas pembantu yang terdapat di Balai Desa. Jaraknya sekitar 3 kilometer dari kampung, sedangkan pelayanan kesehatan lainnya jauh dari kampung. Sebab itu kegiatan ini sangat bermanfaat.

“Kami sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa FIK UI ini, karena di Kampung Tajur ini hanya ada Posyandu, kalau puskesmas pembantu di Balai Desa cuma buka Selasa dan Kamis, sehingga informasi kesehatan tentu akan sangat bermanfaat untuk warga, dan semoga kerja sama dengan UI dapat terus berlanjut.” Terang  Acep Rahmat.

Sementara itu Dekan FIK UI, Agus Setiawan, S.Kp.,MN.,DN yang juga dilokasi kegiatan pengabdian masyarakat ini mengatakan, FIK UI ingin menjadi bagian dalam menyehatkan bangsa Indonesia. Pada kegiatan kali ini, tim yang terlibat adalah 65 orang yang terdiri dari 5 dosen dan 60 mahasiswa tingkat 2.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan wujud kontribusi FIK UI dalam mendukung pembangunan kesehatan  Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya yang kami punya dan masyarakat.  Ini tahun kedua mahasiswa FIK UI melaksanakan studi lapangan ke Kampung Tajur. Sebelumnya kami lebih banyak melakukan pengkajian keperawatan lintas budaya” terang Dekan FIK UI.

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional