Menu

Pernah Alami Fenomena Psikologi Unik? 3 Hal Ini Pasti Sering Terjadi Di Sekitar Kalian

  Dibaca : 169 kali
Pernah Alami Fenomena Psikologi Unik? 3 Hal Ini Pasti Sering Terjadi Di Sekitar Kalian

Siarandepok.com – Penemuan yang sangat menakjubkan. Semua orang pasti belum tau beberapa fenomena psikologi unik yang sering terjadi di sekitar kita. Gak semua orang bisa menjelaskannya dengan mudah.

Manusia merupakan makhluk sosial yang dari dulu tak pernah terlepas dari bantuan orang lain. Bahkan untuk makan saja, manusia sangat membutuhkan manusia yang lainnya. Kalian tak mungkin untuk menanam padi sendiri untuk bisa menikmati beras bukan?

Semua hal yang ada di kehidupan manusia ibarat terikat antara satu sama lain, bahkan untuk seseorang penyendiri, jika dia masih mengkonsumsi makanan instan, maka tanpa di sadari dia juga adalah makhuk sosial yang tak bisa terlepas dari makanan instan buatan manusia yang lain.

Baik itu berupa bersalaman atau yang lainnya, segala hal yang melibatkan manusia yang satu dengan manusia yang lainnya di sebut sebagai kegiatan sosial, tak ada satupun manusia yang bisa terlepas dari ikatan realita tersebut, bahkan seorang nabi sekalipun. Tetapi apakah kalian pernah mengalami suatu fenomena yang mengganjal di kehidupan sehari-hari?

 

Berikut ini adalah beberapa fenomena psikologi unik yang sering terjadi di sekitar kehidupan sosial manusia.

1. Bystander Effect

 

Apakah kalian pernah mengalami kejadian di mana kalian jatuh dari tangga di tengah-tengah kerumunan orang tetapi tak ada satupun orang yang membantu? Fenomena tersebut di namakan sebagai fenomena Bystander effect. Peneliti yang bernama Derley dan Latene melakukan sebuah eksperimen dari sebuah contoh kasus yang hampir serupa, mereka menjelaskan bahwa gejala psikologis tersebut di karenakan oleh semakin banyak orang yang “menonton” pada suatu kejadian tertentu maka akan semakin sedikit pula saksi mata tersebut yang berkeinginan untuk membantu.

2. Konformitas

Fenomena psikologi yang selanjutnya dinamakan Konformitas. Fenomena ini sama seperti ketika kita berada pada suatu kerumunan orang yang memiliki tujuan yang sama, tanpa sadar kita akan mengantri mengikuti apa yang sedang mereka lakukan. Konformitas adalah suatu jenis pengaruh sosial yang di mana ketika seseorang tanpa sadar mengubah sikap dan tingkah laku mereka agar bisa menyesuaikan dengan norma sosial yang ada.

3. Spotlight Effect

Ketika sedang berada di keramaian, kamu biasanya akan merasa sedang di perhatikan oleh banyak orang karena penampilanmu yang kurang maksimal, mungkin karena noda pada baju atau potongan rambut yang jelek. Fenomena tersebut biasa di kenal sebagai Spotlight effect. Fenomena ini memaksa seseorang untuk tampil kurang percaya diri karena kekurangan tersebut, padalahal sebenarnya tak ada satupun orang yang memperhatikan kekurangannya.

Source : kwikku.com

Penulis : Hanna Dwi Fajrini

 

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional