Menu

Hati-Hati! 6 Hal Ini Ternyata Gejala Penyakit Liver

  Dibaca : 164 kali
Hati-Hati! 6 Hal Ini Ternyata Gejala Penyakit Liver

 

 

Siarandepok.com – Hati merupakan organ yang berperan penting bagi kesehatan manusia. Hati berfungsi sebagai filter untuk darah, selain itu juga menghasilkan hormon, menyimpan energi, dan membuat senyawa yang membuat usus dapat mencerna makanan.

Karena memiliki fungsi yang sangat penting maka ketika hati terkena masalah akan menjadi hal serius. Tapi sayangnya, ketika ada masalah yang menyangkut kesehatan hati kita, gejalanya sangat tidak terasa. Semua ini sudah diteliti oleh Bruce Bacon, M.D., seorang profesor kedokteran dan spesialis penyakit dalam dan gastroenterologi di St. Louis University School of Medichine.

Dr. Bacon juga merekomendasikan pemeriksaan rutin ke dokter sehingga jika ada gangguan hati bisa segera terdeteksi dan diobati. Selain pemeriksaan rutin, sebaiknya kita juga waspada jika timbul gejala-gejala khas di bawah ini.

1. Perut Sakit dan Bengkak

Sakit, bengkak, atau pegal di area kanan atas perut adalah tanda hati kita mungkin dalam bahaya. Hati menempati sebagian besar rongga perut kita dan perlemakan biasanya ada di sisi kanan.

2. Mata dan Kulit Menguning

Ketika tubuh memecah sel-sel darah tua, salah satu produk sisa yang diciptakannya adalah senyawa kekuningan yang disebut “bilirubin”. Warna urin dan kotoran gelap keruh juga merupakan tanda-tanda penyakit kuning.

3. Nyeri Sendi

Nyeri sendi, mual, muntah, sering lelah, dan hilangnya nafsu makan adalah gejala saling terkait dari penyakit hepatitis autoimun. Hepatitis autoimun adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel dan jaringan hati kita sendiri.

4. Bercak Kulit

Karena hati kita tidak bisa membersihkan darah dengan benar, kita bisa memiliki masalah pembekuan darah di dekat permukaan kulit. Hal ini bisa menimbulkan “angioma spider,” atau noda kulit besar yang menyerupai laba-laba atau tanda bintang. Umumnya, angioma spider muncul di dada.

5. Kebingungan

Hati yang tidak berfungsi baik akan menyebabkan penumpukan zat tembaga dalam darah dan otak. Hal ini bisa menyebabkan kebingungan yang mirip dengan gejala alzheimer. Umumnya, gejala kebingungan timbul jika penyakit hati sudah ada pada stadium lanjut.

6. Lemah Otot

Kelemahan otot ini juga dapat muncul di atas pipi dan di sekitar pelipis. Seperti kebingungan, kerusakan otot ini juga timbul jika penyakit hati sudah sampai pada tahap stadium lanjut.

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Faisal Nur Fatullah

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional