Menu

Beberapa Manfaat Kurma Yang Jarang Diketahui

  Dibaca : 44 kali
Beberapa Manfaat Kurma Yang Jarang Diketahui

 

 

Siarandepok.com – Walaupun bukan berasal dari Indonesia, tetapi buah kurma banyak dan mudah ditemukan. Kurma merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mencegah penyakit jantung hingga meningkatkan kesehatan otak.

Kurma memiliki 14 manfaat bagi kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut daftarnya:

1. Sumber Energi yang Baik

Kurma mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Energi tinggi yang dihasilkan dari kurma dapat dikaitkan dengan kadar gula tinggi ini.

2. Kurma Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya fenolat total dan antioksidan alami, seperti anthocyanin, asam ferulat, asam protocatechuic, dan asam caffeic. Keberadaan senyawa polifenol ini dapat membantu dalam pengobatan penyakit Alzheimer.

3. Membantu Meringankan Sembelit

Menurut penelitian tentang efek serat pada sembelit diet, makanan yang kaya serat sangat penting dalam membantu gerakan usus yang sehat dan melewati makanan yang nyaman melalui saluran usus.

4. Bantuan dari Gangguan Usus

Selain mengandung serat yang tidak larut dan larut, kurma juga mengandung banyak asam amino bermanfaat yang dapat menstimulasi pencernaan makanan dan memastikan perjalanan cepat melalui usus dan perut.

5. Membantu Meringankan Anemia

Kurma merupakan sumber yang baik dari banyak nutrisi seperti zat besi. Kekurangan zat besi menyebabkan anemia dan asupan makanan kaya zat besi membantu memberikan bantuan dari itu. Namun, ada kurangnya penelitian yang mendukung peran langsung kurma dalam mengobati anemia.

6. Cegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian oleh Rock W et. al. menyimpulkan kurma memiliki efek menguntungkan pada asam lemak jenuh dan stres oksidatif. Hal itu sering dikaitkan dengan masalah jantung dan memiliki potensi untuk mencegah atherogenesis yang mengarah ke penyakit kardiovaskular.

7. Mengobati Lemah Syahwat

Pada tahun 2006, sebuah penelitian mengungkapkan kurma dan minyaknya dapat meningkatkan fungsi seksual. Tingginya kadar estradiol dan flavonoid komponen kurma membantu meningkatkan jumlah sperma dan motilitas.

8. Mencegah Rabun Senja

Kekurangan vitamin A sering dikaitkan dengan kejadian rabun senja. Menurut sebuah artikel oleh HA Hajar Al Binali MD, kurma kaya akan vitamin A yang dapat membantu mencegah kebutaan di malam hari atau rabun senja.

9. Mengurangi Keracunan Alkohol

Menurut sebuah studi oleh Mahmoudi dkk. diterbitkan dalam Journal of Organic Systems, kurma telah digunakan bersama dengan lada untuk mengurangi racun bir di Nigeria.

10. Membantu Mengobati Diare Kronis

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di Columbia University Medical Center, makanan yang kaya potasium seperti kurma efektif melawan diare. Mereka juga membantu pencernaan dan dapat meringankan sifat tak terduga dari diare kronis.

11. Risiko Kanker Colon Lebih Rendah

Penelitian yang dilakukan oleh Prof Dr Jeremy PE Spencer et. al. menunjukkan asupan kurma  dapat membantu meningkatkan kesehatan usus. Juga memperlambat perkembangan kanker kolorektal.

12. Kesehatan Tulang

Sebuah publikasi oleh Julie Garden-Robinson, Ph.D., LRD dkk. (North Dakota University) menyarankan kurma mengandung boron yang juga merupakan salah satu nutrisi yang mempromosikan tulang sehat.

13. Meningkatkan Berat Badan yang Sehat

Menurut USDA kurma yang kaya akan gula, protein, dan banyak vitamin esensial lainnya adalah tambahan yang baik untuk diet Anda.

14. Membantu Hilangkan Gejala SAR

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002, senyawa organik sulfur dapat memiliki dampak positif pada jumlah penderitaan dari SAR (Seasonal Allergic Rhinitis).

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Muhammad Rafi Hanif

 

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional