Menu

Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini Bahaya Jika Tidur Dengan Kondisi Rambut Basah

  Dibaca : 243 kali
Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini Bahaya Jika Tidur Dengan Kondisi Rambut Basah

 

 

Siarandepok.com – Rambut memang bagian tubuh yang harus dijaga kesehatan dan kebersihannya. Dengan keramas menggunakan sampo sesuai kondisi rambut pasti dilakukan semua orang minimal seminggu 3 kali. Tak jarang saat mandi malam kita juga keramas agar di pagi hari kita tidak beraktivitas dengan kondisi rambut basah.

Mandi sebelum tidur memang adalah cara yang bagus untuk membantu mengendurkan tubuh dan mencapai kualitas tidur yang lebih baik. Ini memungkinkan kita untuk mengurangi ketegangan otot dan stres yang tersisa dari hari kerja yang melelahkan. Mungkin sebagian dari kita bahkan sering mandi sebelum tidur agar lebih rileks dan nyenyak. Namun tahukah kamu, jika tidur dalam kondisi rambut masih basah akan membahayakan kesehatan kita?

Di bawah ini ada beberapa penyakit yang akan menyerang ketika kita tidur dengan rambut yang masih basah.

1. Sakit kepala

Tidur dengan rambut basah dapat meningkatkan jumlah sakit kepala hebat yang kita dapatkan karena kelembapan menyebabkan perubahan suhu tubuh secara mendadak. Membungkus rambut dengan handuk dapat membuat masalah semakin buruk karena kelembapan dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Kerusakan Rambut

Tidur dalam kondisi rambut basah juga dapat mengakibatkan kerusakan rambut seperti rontok, ketombe, dan rambut bercabang.

3. Infeksi Kulit

Memiliki rambut basah saat tidur meningkatkan risiko infeksi kulit karena mikroorganisme memiliki lingkungan yang ideal untuk bereproduksi. Tidak ada cukup waktu untuk mengeringkan rambut kita di malam hari. Kehangatan tempat tidur kemudian menciptakan iklim yang sempurna untuk jamur dan bakteri untuk tumbuh. Akibatnya, iritasi dan bahkan infeksi jamur dapat muncul di kulit kepala dan kulit di sekitarnya.

4. Gatal dan Bengkak

Jamur yang tumbuh di kulit karena rambut  basah dapat menyebabkan gatal dan peradangan yang tidak nyaman, bahkan setelah rambut kita kering. Ini bisa menjadi masalah yang berulang dan sering membutuhkan beberapa hari untuk menghilang jika tidak ditangani dengan benar.

5. Alergi dan Pilek

Perubahan suhu tubuh yang terjadi ketika tidur dengan rambut basah dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memicu kondisi seperti alergi dan pilek..Kelembapan dipertahankan selama beberapa jam, yang menyebabkan mekanisme pertahanan kita melemah, memungkinkan beberapa virus dan bakteri menyerang.

6. Rambut Berminyak

Tidur selama beberapa jam dengan rambut  basah cenderung meningkatkan kelebihan lemak dan menghasilkan tekstur yang lengket. Hal ini disebabkan oleh perubahan yang dialami kelenjar sebaceous , yang pada gilirannya menyebabkan tingkat pH yang tidak seimbang di kulit kepala. Ini juga akan menyebabkan kita bangun dalam kondisi rambut yang kusut.

7. Nyeri otot

Perubahan suhu yang dihasilkan tubuh dapat menyebabkan tidak hanya masalah sirkulasi tetapi juga meningkatkan kejang otot dan ketegangan. Dan hal inilah yang menyebabkan nyeri otot saat kita bangun di pagi hari.

Penulis : Inggiet Yoes

Editor : Muthia Dewi Safira

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional