Menu

Beberapa Penyebab Rambut Rontok

  Dibaca : 413 kali
Beberapa Penyebab Rambut Rontok

 

 

Siarandepok.com –  Rambut merupakan hal yang penting bagi perempuan maupun laki-laki. Tetapi mungkin lebih condong kepada perempuan. Hal ini dikatakan karena rambut adalah mahkota perempuan. Semakin bagus kondisi rambutnya, berarti semakin bagus juga mahkotanya bagi perempuan.

Meskipun sebagai mahkota, tapi tidak semua orang memiliki rambut yang sehat, salah satu penyakit rambut yang sering ditemui adalah rontok. Rambut rontok adalah masalah rambut yang paling sering ditemui di dunia selain rambut berketombe.

Terkadang masalah rambut rontok bahkan sering membuat kita frustasi karena rambut menjadi terlihat tidak sehat dan tebal. Sebenarnya apa sih penyebab rambut rontok?

Rambut rontok bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari masalah hormon hingga stres dan kondisi kesehatan masing masing manusia.

Berikut ada beberapa penyebab dari rambut rontok lainnya.

1. Kekurangan nutrisi

Kekurangan vitamin D, zat besi, zinc, dan protein ternyata bisa menyebabkan rambut rontok. Untuk mengurangi hal ini, ada baiknya Anda sering berjemur di bawah sinar matahari.

2. Hormon yang tidak seimbang

Pada usia 30 tahun, wanita akan mengalami masalah hormon tak seimbang yang bisa menyebabkan rambut rontok. Hal ini disebabkan karena banyaknya hormon dihydrotestosterone (DHT) dalam tubuh wanita. Meskipun hormon utama wanita adalah esterogen, namun ternyata wanita juga menghasilkan hormon testosterone dan DHEA.

3. Pil KB

Wanita yang mengkonsumsi pil KB memiliki kecenderungan untuk mengalami rambut rontok lebih sering. Sebab hormon yang terkandung di dalam pil yang mencegah ovulasi bisa membuat rambut semakin tipis hingga rontok, apalagi jika wanita memiliki keturunan rambut rontok.

4. Stres

Stres dan depresi yang berlebih bisa berdampak pada rambut dan menyebabkan rambut rontok.

5. Kondisi kesehatan

Masalah penuaan dan faktor genetik juga menjadi penyebab rambut seseorang mengalami kerontokan.

Penulis : Inggiet Yoes

Editor :  Muthia Dewi Safira

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional