Menu

Manfaat Dari Jus Kombinasi Buah Bit dan Wortel

  Dibaca : 428 kali
Manfaat Dari Jus Kombinasi Buah Bit dan Wortel

 

 

Siarandepok.com – Di Indonesia, buah bit adalah buah yang tidak asing. Buah yang berwarna merah ini sudah sering ditemui di banyak wilayah.

Selain tidak asing ternyata tanaman berjenis umbi-umbian ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Terlebih jika dicampurkan dengan wortel untuk dibuat menjadi jus.

Buah bit dan wortel mengandung banyak nutrisi penting dan antioksidan, yang berkhasiat meningkatkan aliran darah, mengurangi tekanan darah, mendetoksifikasi tubuh dan mencegah penyakit lainnya.

Bagi yang sedang melakukan diet, jus kombinasi bit dan wortel bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi sehari-hari.
Di bawah ini ada beberapa manfaat jus kombinasi bit dan wortel bagi kesehatan tubuh.

1. Penawar Racun

Kandungan betaine dalam bit diketahui bisa menjaga kesehatan hati. Sementara wortel, bisa mengeluarkan racun dari tubuh secara efektif. Sejak dahulu kala, buah bit sering digunakan sebagai penawar racun. Kandungan limonoid dalam bit dapat membantu proses pembentukan enzim penawar racun.

2. Menyembuhkan Peradangan

Baik bit maupun wortel sama-sama memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya antioksidan. Kedua kandungan tersebut ampuh untuk menyembuhkan peradangan. Selain dapat mempercepat penyembuhan, sifat anti-inflamasi pada wortel juga membantu merevitalisasi sel-sel tubuh dan menyamarkan noda hitam di wajah.

3. Meringkan Sembelit

Jus bit dan wortel efektif meringankan sembelit dengan merangsang sistem metabolisme. Nutrisi phyto dalam bit dan wortel membantu meningkatkan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, wortel juga kaya serat yang dapat menyeimbangkan kadar gula darah, dan menjaga usus tetap sehat.

4. Mencegah Anemia

Rutin konsumsi jus ini membantu meningkatkan aliran darah, hal ini karena bit dianggap sebagai makanan nitrat. Nitrat ini kemudian diubah menjadi oksida nitrat, senyawa yang melemaskan arteri dan meningkatkan sirkulasi darah serta oksigenasi di dalam otak. Bit juga mengandung zat besi yang tinggi sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Bit dan wortel mengandung beta-karoten, yaitu zat yang digunakan untuk menghasilkan vitamin A. Di mana vitamin ini bertanggung jawab meningkatkan penglihatan yang sehat. Selain itu, mampu mengurangi kemungkinan mengembangkan masalah mata yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula serta katarak.

Penulis: Inggiet Yoes
Editor: Muhammad Rafi Hanif

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional