Menu

Tidur Dengan Posisi Menyamping ke Kanan Lebih Baik dari Tidur Telentang

  Dibaca : 338 kali
Tidur Dengan Posisi Menyamping ke Kanan Lebih Baik dari Tidur Telentang

 

 

Siarandepok.com – Tidur adalah waktu paling nyaman untuk melepaskan lelah setelah seharian beraktivitas. Biasanya jika sudah lelah, orang langsung tidur dalam posisi apa pun, dan posisi yang paling nyaman adalah telentang.

Meski terasa sangat nyaman, tidur dalam posisi telentang ternyata memiliki bahaya bagi kesehatan tubuh.
Tidur telentang ternyata membuat kita rawan mengalami sumbatan jalan nafas.

Gangguan tidur tersebut dapat menyebabkan obstructive sleep apnea (OSA), atau terhentinya aliran udara pernafasan selama 10-45 detik. Dalam medis sendiri, posisi tidur yang baik adalah menyamping bukan telentang.

Tidur menyamping ke kanan lebih dianjurkan ketimbang menyamping ke kiri karena cenderung tidak ada organ yang tertekan.Sementara jika tidur menyamping ke kiri berpotensi menekan jantung dan lambung.

Kalau jantung tertekan akan ada sumbatan aliran darah, jika lambung yang tertekan akan terjadi refluks, yaitu aliran gas yang naik ke atas.

Tapi bagaimana jika kita kerap berganti-ganti posisi ketika tidur? Kondisi seperti ini sangat wajar, biasanya tubuh sedang mencari posisi yang paling nyaman. Tetapi usahakan ketika awal ingin tidur buatlah posisi menyamping ke kanan.

Ketika kita sudah terbiasa tidur menyamping, refleks itu akan tetap dilakukan jika di tengah tidur tubuh kita telentang dan mengalami sumbatan jalan nafas.

Penulis : Inggiet Yoes
Editor : Muthia Dewi Safira

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional