Menu

Kencur, Tanaman Herbal yang Memiliki Segudang Manfaat

  Dibaca : 335 kali
Kencur, Tanaman Herbal yang Memiliki Segudang Manfaat

 

Siarandepok.com  – Kencur adalah tanaman herbal yang memiliki aroma sangat harum, walaupun harum tetapi tidak banyak orang yang menyukainya karena rasanya tidak seenak baunya.

Adapun biasanya kencur digunakan pada bahan-bahan jamu olahan alami yang biasa dijual dengan sebutan ‘jamu gendong’. Selain itu, kencur adalah salah satu jenis bumbu dapur yang memiliki aroma khas yang segar dan menyeruak. Selain digunakan sebagai penambah cita rasa dalam masakan, manfaat kencur juga sudah lama dikenal sebagai obat alami.

Tanaman yang berasal dari Asia ini masuk ke dalam keluarga suku jahe-jahean, Zingiberaceae. Spesies Zingiberaceae tidak hanya berisikan tanaman kencur saja, tapi juga meliputi jahe, kunyit, serta lengkuas.

Sementara itu, pada bagian daun kencur, tanaman tersebut mempunyai manfaat untuk mengatasi demam, bengkak, rematik, oftalmia, dan pharyngodynia. Sedangkan pada bagian rimpang atau akar, kencur memiliki aroma yang sangat kuat.

Rimpang biasa dikonsumsi sebagai bagian dari proses pengobatan medis herba, meski tidak semua negara pengguna kencur memanfaatkannya. Contohnya, masyarakat Bangladesh membuat jus rimpang kencur untuk mengobati sakit gigi dan ketombe.

Tidak hanya rimpang dan daun, kencur secara utuh memiliki beragam manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan ini dilakukan masyarakat Tiongkok sejak lama dalam memanfaatkan khasiat kencur untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, seperti hipertensi, rematik, batuk, sakit kepala, sakit gigi, sakit maag, nyeri dada dan perut, hingga radang tumor.

Di lokasi yang berbeda, orang-orang Jepang percaya kencur sebagai tanaman herba yang bisa mengatasi gangguan tidur dan stres.

Pada dasarnya mencari bahan herbal untuk pengobatan memang tidaklah sulit. Kita bahkan bisa mencari di dapur sendiri seperti tanaman kencur ini.
Akan tetapi, meskipun manfaatnya banyak, beberapa manfaat kencur ini masih membutuhkan penilitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya sebagai obat. Maka dari itu, gunakanlah kencur dengan hati-hati dan tidak berlebihan.

Jika penyakit Anda tidak membaik setelah menggunakan obat herbal, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

Penulis: Inggiet Yoes
Editor: Faisal Nur Fatullah

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional