Menu

10 Manfaat Biji Jeruk Yang Jarang Diketahui

  Dibaca : 410 kali
10 Manfaat Biji Jeruk Yang Jarang Diketahui

Siarandepok.com – Buah merupakan asupan bergizi yang dibutuhkan oleh manusia. Banyak dokter yang menyarankan beberapa buah untuk dimakan setiap hari.

Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C yang menjadi favorit banyak orang, bukan hanya rasanya yang enak tetapi jeruk juga mudah diolah menjadi beberapa jenis, seperti jus salah satunya.

Selain rasanya yang enak, ada manfaat yang terkandung dalam buah jeruk. Setiap bagian dari jeruk, mulai dari daging buah hingga kulit memiliki beragam manfaat bagi tubuh dan pikiran kita. Tetapi, tanpa disadari kita telah kehilangan satu manfaat jeruk, yaitu yang bisa didapat dari bijinya. Apa saja manfaatnya? Berikut 10 manfaat biji jeruk:

1. Melawan Sel-sel Radikal

Kaya akan vitamin C seperti buahnya, biji jeruk dapat membantu melawan sel-sel radikal yang menyebabkan kerusakan pada DNA. Biji jeruk juga dianggap memiliki dampak yang efektif pada pengurangan risiko kanker usus besar karena kandungan vitamin di dalamnya.

2. Meningkatkan Energi

Asam palmitat, oleat, dan linoleat dalam biji jeruk berkontribusi mempercepat pembentukan energi dalam tubuh dan memungkinkan penyimpanan energi dalam sel. Jadi, lain kali jika kamu merasa lelah dan lesu tanpa alasan, ambil beberapa biji jeruk untuk mendapatkan tambahan energi instan.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Biji jeruk dinyatakan memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan tingkat tekanan darah. Kaya akan vitamin B6, mereka membantu produksi hemoglobin. Selain itu, kandungan magnesium dalam biji jeruk memainkan peran penting dalam mengatur tingkat tekanan darah dan menjaganya agar tetap normal.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kaya akan antioksidan, biji jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Vitamin C dalam biji jeruk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari racun dan penyakit eksternal.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Kehadiran D-limonene dan vitamin C dalam biji jeruk membantu menurunkan risiko kanker. Senyawa D-limonene membantu membatasi dan mencegah timbulnya kanker paru-paru, kanker kulit, hingga kanker payudara. Demikian juga, antioksidan yang ditemukan dalam biji jeruk meningkatkan kekebalan tubuh dan membangun lapisan pelindung terhadap sel-sel kanker.

6. Mencegah Sembelit

Kandungan serat dalam biji jeruk bisa mengatasi sembelit. Bijinya mengandung serat larut dan tidak larut, yang akan membantu menjaga fungsi usus dan lambung tetap normal. Biji jeruk juga mencegah sindrom iritasi usus dan menghindari sembelit karena membantu dalam membuang limbah pada interval yang benar.

7. Menurunkan Kolesterol

Fitokimia yang dikenal sebagai limonoid dalam biji jeruk sangat bermanfaat dalam mengelola kadar kolesterol. Fitokimia juga membantu dalam mengurangi kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL).

8. Meningkatkan Kualitas Kesehatan Kulit

Kaya akan antioksidan, biji buahjeruk dapat bermanfaat bagi kulit. Biji jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang diakibatkan penuaan. Benih membantu mengurangi noda, flek hitam dan bahkan kerutan.

9. Memperbaiki Kualitas Rambut

Kehadiran vitamin C dan bioflavonoid dalam biji jeruk bermanfaat untuk kesehatan rambut karena mereka bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Jadi bisa menghasilkan rambut yang kuat dan sehat.

10. Meningkatkan Penglihatan

Senyawa karotenoid yang ditemukan dalam biji jeruk dapat membantu meningkatkan penglihatan. Ini juga membantu mencegah degenerasi makula.

Itu tadi adalah beberapa manfaat biji jeruk, tetapi perlu diingat mengonsumsi terlalu banyak biji jeruk dapat menyebabkan masalah perut dan konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter jika sebelumnya memiliki masalah dengan pencernaan sebelum mengonsumsi biji jeruk.

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Muhammad Rafi Hanif

 

 

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional