Menu

Soal Matematika UNBK Bocor Melalui Grup Percakapan Line

  Dibaca : 144 kali
Soal Matematika UNBK Bocor Melalui Grup Percakapan Line

Siarandepok.com – Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menerima laporan dugaan kebocoran soal dan jawaban mata pelajaran Matematika di Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).  Soal tersebar melalui percakapan di grup jejaring media sosial Line.

“Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah berkoordinasi dengan Puspendik (Pusat Penilaian Pendidikan) dan Itjen (Inspektorat Jenderal) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memeriksa dan menindaklanjuti kasus tersebut,” kata Ketua BSNP, Bambang Suryadi

Laporan dugaan kebocoran soal baru diterima BSNP hari ini, Selasa, 2 April 2019. Kasus ini masih diselidiki apakah soal yang tersebar palsu atau memang asli. Termasuk oknum penyebar soal tersebut. “Matematika diujikan hari ini. Kasus atau laporan itu baru diterima hari ini,” ujarnya.

Sejatinya, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) BSNP telah mengantisipasi kebocoran soal UN saat ujian berlangsung. Pengawas ujian harusnya lebih ketat mengecek barang bawaan siswa saat masuk ke ruang ujian, khususnya perangkat komunikasi dan elektronik.

“Pengawas juga harus mengecek dan memastikan tidak ada peserta yang membawa alat-alat tersebut,” tuturnya.

Perlu diketahui, sebuah foto percakapan di grup jejaring media sosial LINE yang diduga berisi soal beserta jawaban UNBK mata pelajaran matematika beredar di grup WhatsApp. Matematika diujikan dalam UN jenjang SMA/MA hari ini, Selasa, 2 April 2019.

 

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional