Menu

Bukan Hanya Sebagai Pemanis Buka Puasa, Ternyata Kurma Juga Memiliki Banyak Manfaat

  Dibaca : 146 kali
Bukan Hanya Sebagai Pemanis Buka Puasa, Ternyata Kurma Juga Memiliki Banyak Manfaat

Siarandepok.com – Kurma sepertinya sudah identik dengan makanan saat buka puasa. Nabi Muhammad telah mengajarkan teladan bahwa ketika buka puasa harus dimulai dengan yang manis-manis, seperti kurma sebagai contoh.

Tapi sepertinya bukan hanya sebagai makanan yang manis, kurma juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat kurma:

1. Banyak Nutrisi

Kurma memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan kalori kurma kering lebih tinggi dari buah segar lainnya. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah-buahan kering lainnya, seperti kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari protein yang sangat kecil. Terlepas dari kalori mereka, kurma mengandung beberapa vitamin dan mineral.

2. Tinggi Serat

Kurma mengandung serat yang tinggi untuk kesehatan. Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Kamu pun dapat buang air besar secara teratur.

3. Antioksidan untuk Mengatasi Beberapa Penyakit

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh kamu dan menyebabkan beberapa penyakit.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak. Ketika plak menumpuk di otak, dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit alzheimer.

5. Membantu Persalinan

Kurma diketahui bermanfaat untuk membantu persalinan pada wanita hamil. Makan kurma selama minggu-minggu kehamilan akhir dapat meningkatkan pelebaran mulut rahim sehingga mengurangi induksi persalinan.

6. Pemanis Alami Sempurna

Kurma adalah sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Kurma juga pengganti gula putih karena nutrisi, serat, dan antioksidan yang dikandungnya.

7. Sehatkan Tulang

Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua ini telah dipelajari untuk potensinya dalam mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis.

8. Kontrol Gula Darah

Serat dalam kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah terlalu tinggi.

 

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Muhammad Rafi Hanif

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional