Menu

Bus Listrik Transjakarta akan Diuji Coba pada Mei 2019

  Dibaca : 165 kali
Bus Listrik Transjakarta akan Diuji Coba pada Mei 2019

Siarandepok.com – Rencananya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menguji coba bus listrik pada Mei mendatang. Hal ini dinilai sebuah terobosan tepat untuk menjadikan ibu kota Indonesia sebagai kota yang ramah lingkungan. Jika uji coba bus listrik itu berhasil, Jakarta akan menjadi contoh bagi kota-kota di Indonesia untuk mengurangi kendaraan masal berbasis bahan bakar.

“Tahap awal, pak Gubernur menginginkan 10 armada bus listrik, tetapi kami ingin semua bus memenuhi syarat,” terang Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono.

Adapun pengisian baterai listrik, lanjut Agung, berada di dua lokasi yakni Kelapa Gading dan Pulogadung. Untuk mengisi batere bus dibutuhkan waktu empat jam dengan daya jarak 200 kilometer yang ditempuh.

“Kami tetap terbuka untuk penyedia bus listrik yang uji coba selama memenuhi syarat untuk kondisi operasional Transjakarta. Bekerja sama dengan para operator, dan memiliki kesiapan kemitraan dengan APM  untuk penyiapan infrastruktur dan pemeliharaan,” pungkasnya.

Nantinya, bus-bus tersebut akan disewa Transjakarta dengan pakai sistem sewa per kilometer dari operator-operator bus tersebut. Bus listrik yang akan diujicoba yakni MAB dan BYD. MAB (Mobil Anak Bangsa) produk lokal, sedangkan BYD merek asal China.

“Jadi perlu dipahami, bukan berarti Transjakarta membeli armada (bus listrik). Armada bus akan dioperasikan mitra operator,” ungkapnya.

 

Penulis: Faisal Nur Fatullah

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional