Menu

Hal-hal Yang Dapat Mengatasi Overthinking atau Berpikir Berlebihan Mungkin Ini Bisa Kamu Lakukan

  Dibaca : 74 kali
Hal-hal Yang Dapat Mengatasi Overthinking atau Berpikir Berlebihan Mungkin Ini Bisa Kamu Lakukan
Cara mengatasi overthinking

Berpikir berlebihan cenderung memikirkan hal-hal yang tidak bermanfaaat dan kebiasaan yang dapat menghabiskan waktu kamu dan berbeda jauh dengan sifat pemikir yang lebih mengutamakan hal-hal yang penting dan bermanfaat untuk dipikirkan

Biasanya jika sedang ketakutan dan khawatir berlebihan yang bisa membuat kamu menjadi overthinking Padahal, Penelitian lebih selama dari 20 tahun nggak bisa membuktikan kalau overthinking bakal berakibat baik. Sebaliknya, overthinking justru menghambat penyelesaian masalah. Kamu nggak bisa berpikir rasional dan nggak punya inisiatif atau motivasi.

Oleh karena itu lebih baiknya mari kita simak bagaimana cara-cara untuk menghentikannya!

1. Carilah Penyebab Kenapa Kamu Tak Bisa Berhenti Memikirkan Sesuatu. Kemudian, Alihkan Pikiranmu dari Hal Itu.

Overthinking bukan sifat yang dibawa sejak lahir, tapi kebiasaan. Prosesnya langsung dan cepat. Jadi, begitu dapat masalah, seketika itu juga kamu ingin berpikir karena kamu panik. Lalu, kamu nggak sadar kalau udah mikir selama berjam-jam dan tetap nggak dapat solusi apa-apa.

Sebaiknya, kamu bisa mempelajari situasi. Sudah berapa kali kamu bersikap seperti ini? Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menjauhi sumber-sumber masalah. Apa aja sih yang bikin kamu banyak berpikir? Bisa jadi soal pekerjaan, rencana cari beasiswa, atau karir di masa depan. Pikirkan kalau emang kamu rasa itu penting dan harus dipikirkan sekarang. Kalau belum saatnya, sebaiknya lupakan dulu.

2. Pilih Teman yang Membuatmu Ceria. Jauhi Mereka yang Bikin Kamu Galau, Sedih, dan Mikir yang Bukan-Bukan!

Siapa yang ada disekitarmu biasanya akan berpengaruh pada dirimu sendiri. Yup, akan lebih baik jika kamu bisa menjauhi mereka yang selalu bersedih atau hidupnya rumit. Pasalnya, secara otomatis hal-hal negatif itu akan berpengaruh pada dirimu.

Misal, temanmu merasa hidupnya gagal karena drop out dari kampus. Ketika mendengarkan dia curhat, kamu justru ikut-ikutan galau dan mikir keras tentang masa depanmu sendiri. Kamu berpikir kenapa sampai saat ini belum bisa dapat pekerjaan dengan gaji fantastis yang bisa dipakai buat beli pulau. Ya elah…

Nah, akan lebih baik kalau kamu berkumpul dengan teman-teman yang menyenangkan. Mereka yang  tau apa arti bahagia dan hidup dengan pandangan positif. Teman-teman yang bisa menemanimu melewati setiap hari dengan keceriaan.

3. Cari Seseorang yang Bisa Mengobrol dan Menemani. Jangan Terlalu Sering Menyendiri

Bagi kamu yang merasa punya kebiasaan overthinking, sebaiknya hindari kesempatan buat sendirian. Semakin sering kamu sendiri dan berdiam diri maka semakin parah kebiasaan overthinking-mu itu.

Mengurung diri di kamar, tidur-tiduran di kasur, atau melamun akan memancing otakmu untuk memikirkan hal yang nggak penting. Kemudian, kamu pun sibuk tenggelam dalam kerumitan isi kepalamu sendiri.

4. Cari Kegiatan Fisik Seperti Pilates atau Yoga. Tuntutan untuk Fokus pada Gerakan Membuatmu Takkan Sempat Memikirkan Hal Lain

Selain kalau lagi sendirian, kebiasaan banyak mikir akan muncul ketika kamu nggak punya kerjaan. Nah, itulah alasaanya kenapa kamu harus mulai menyibukkan diri. Buat dirimu sesibuk mungkin. Ikutan kelas meditasi atau yoga. Jika tidak mau, mungkin kamu bisa les bahasa Prancis, bantu-bantu ibumu masak, atau jalan-jalan ke mall. Pastikan kalau kamu nggak punya waktu buat diam dan berpikir.

5. Jangan Hanya Berpikir dalam Kepala. Cobalah Lepaskan Bebanmu dengan Bersenandika

Kamu mungkin merasa lelah karena banyak hal yang muncul di kepalamu. Semakin kamu berusaha melupakan, maka semakin sering muncul.

Penulis : Hanna Dwi Fajrini

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional