Menu

Manfaat Jamur bagi Kesehatan

  Dibaca : 99 kali
Manfaat Jamur bagi Kesehatan

Siarandepok.com – Jamur sepertinya bukan makanan yang disukai sejuta umat. Banyak orang yang menyukai jamur tetapi banyak juga yang tidak menyukainya. Bagi kalian yang tidak suka jamur, lebih baik dipikirkan baik-baik untuk menyukainya. Karena ternyata jamur mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Jamur adalah makanan sehat yang kaya akan berbagai nutrisi. Sesuai United States Department of Agriculture (USDA), jamur adalah sumber mineral dan vitamin yang meliputi kalium, fosfor, magnesium, natrium, vitamin C, niasin, riboflavin, tiamin, folat, dan vitamin D. Lalu apa saja manfaatnya?

1. Kaya Selenium

Jamur menurut USDA adalah sumber selenium yang baik. Studi menunjukkan bahwa mineral selenium memiliki potensi antikanker, antioksidan, antiinflamasi, dan dapat membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, penyakit tiroid, serta penurunan kognitif.

2. Turunkan Kolesterol

Jamur mengandung protein yang tinggi. Selain itu mengandung karbohidrat yang sangat rendah. Serat dan enzim tertentu di dalamnya juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Cegah Diabetes

Jamur merupakan makanan yang ideal untuk yang mengalami diabetes. Karena jamur rendah energi. Jamur tidak memiliki lemak, tanpa kolesterol, kadar karbohidrat yang sangat rendah, kandungan protein tinggi, dan banyak vitamin serta mineral.

4. Tingkatkan Kesehatan Tulang

Jamur merupakan sumber kalsium yang kaya nutrisi penting dalam pembentukan dan penguatan tulang. Pasokan kalsium yang stabil dalam makanan dapat mengurangi kemungkinan kamu mengalami kondisi seperti osteoporosis dan dapat mengurangi nyeri sendi.

5. Tingkatkan Penyerapan Zat Besi

Tembaga memiliki sejumlah efek menguntungkan bagi tubuh dan dapat ditemukan pada jamur. Kekurangan tembaga dapat menyebabkan anemia dan neutropenia.

7. Turunkan Berat Badan

Jamur merupakan salah satu makanan langka yang orang bisa makan sesering mungkin, tanpa efek samping. Satu studi mengganti daging merah dengan jamur kancing putih, sekitar satu cangkir per hari, dan menemukan bahwa orang yang makan jamur tidak hanya kehilangan berat badan, tetapi juga menurunkan ukuran pinggang dan lebih mampu mempertahankan berat baru mereka.

 

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Faisal Nur Fatullah

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional