Menu

Manfaat Bayam bagi Kesehatan

  Dibaca : 319 kali
Manfaat Bayam bagi Kesehatan

Siarandepok.com – Kesehatan adalah segalanya bagi setiap orang. Banyak menyetujui gagasan lebih baik mencegah dari pada mengobati, jika sudah sakit semua akan menjadi sulit. Maka dari itu, bagi setiap orang yang peduli kesehatannya cobalah untuk makan makanan berserat seperti bayam.

Bayam adalah jenis sayuran yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bayam mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Sayur bayam sangat menyehatkan tubuh bila rutin dikonsumsi dalam bentuk tumis bayam, salad bayam, dan resep lainnya.

Bayam juga mengandung sejumlah flavonoid, yang dikenal memiliki sifat anti-karsinogenik. Fungsinya untuk memperlambat pembelahan sel dalam lambung manusia dan mengurangi risiko kanker. Selain untuk mencegah kanker, berikut penjelasan manfaat bayam yang lainnya.

1. Kesehatan Mata

Selain wortel, manfaat bayam juga bisa menyehatkan mata. Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi kamu terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.

2. Kesehatan Tulang

Rendahnya Asupan vitamin K dapat mengakibatkan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Manfaat bayam salah satunya mengandung vitamin K yang membantu menyerap kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi kuat.

3. Kesehatan Kulit

Vitamin A dalam manfaat bayam dapat meningkatkan kesehatan dengan memberikan retensi kelembaban yang tepat di epidermis, sehingga memerangi masalah kulit seperti jerawat, keriput, psoriasis dan sebagainya.

4. Imunitas

Berkat kandungan vitamin C, A, folat, serta magnesiumnya, bayam dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Salah satu manfaat bayam adalah menurunkan risiko menderita penyakit kardiovaskular. Hal ini karena bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

6. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kandungan lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam, mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Sering mengonsumsi bayam, juga meminimalkan risiko munculya berbagai jenis kanker.

7. Menguatkan Otot

Manfaat bayam sebagai antioksidan berkat faktor C0-Q10, yang memainkan peran penting dalam memperkuat otot, terutama otot jantung yang terus memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

 

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Faisal Nur Fatullah

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional