Menu

Moci Singkong Menjadi Pemenang Lomba Festival Kudapan Lokal Depok

  Dibaca : 44 kali
Moci Singkong Menjadi Pemenang Lomba Festival Kudapan Lokal Depok

Siarandepok.com – Banyak makanan lokal khas Kota Depok yang belum dikenal oleh masyarakat maka dari itu Depok menggelar acara Festival Kudapan Lokal Kota Depok.

Produk UMKM makanan moci singkong menjadi juara pertama dalam Lomba Kudapan Terfavorit pada acara Festival Kudapan Lokal Kota Depok 2019. Acara ini berlangsung selama dua hari di halaman Balai Kota Depok, Senin (11/3) dan Selasa (12/3).

UMKM Kecamatan Bojongsari membuat lima jenis menu berbahan utama singkong, salah satunya moci singkong.

“Olahan yang saya buat di acara Festival Kudapan ini ada lima, ada lemper singkong, ongol-ongol singkong, bubur singkong, moci singkong, dan kroket singkong isi duren,” ujar Tuti Purwanti selaku anggota UMKM Kecamatan Bojongsari saat ditemui di arena Festival Kudapan di Halaman Balai Kota Depok, Selasa (12/3).

Tuti mengutarakan, karena moci singkong terpilih jadi kudapan terfavorit maka ia kemungkinkan akan memproduksi kudapan ini secara massal. Produk unggulan Tuti selama ini sebetulnya adalah jamu dengan brand Pawon Putri. Namun saat lomba tersebut, Wali Kota Depok Mohammad Idris mendukungnya untuk memproduksi massal moci ini.

Menurut Tuti, ide membuat moci singkong melihat potensi wilayah di lingkungan rumahnya di Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari yang cukup mudah menemukan singkong.

“Sebenarnya moci singkong sudah sering saya buat untuk konsumsi makanan ringan di rumah, karena saya senang berinovasi pangan lokal dan kebetulan ada lomba kudapan lokal Depok, jadi saya ikutkan lomba dan alhamdulillah menang,” jelasnya.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, produk UMKM khas Kota Depok diharapkan semakin dikenal hingga level nasional maupun internasional. Sebab, produk UMKM dari Depok itu banyak, bahkan juga tidak kalah kualitasnya dengan produk UMKM dari daerah lainnya.

“Maka dari itu, melalui Festival Kudapan ini kami berusaha memaksimalkan pemasaran produk-produk UMKM. Maka, kita ingin mendorong produk-produk Depok dikenal lebih luas. Seperti produk moci singkong yang jadi makanan terfavorit, saya minta agar di produksi massal dan segera dipatenkan menjadi makanan ringan khas Kota Depok,” harap Idris

 

Sumber Foto: Ahmad Farhan Maulana (Siarandepok.com)

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Faisal Nur Fatullah

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional