Menu

Deklarasi Pengurangan Sampah Plastik ke Seluruh Ritel di Depok

  Dibaca : 189 kali
Deklarasi Pengurangan Sampah Plastik ke Seluruh Ritel di Depok

Siarandepok.com – Sampah plastik adalah hal yang perlu diperhatikan lebih maka dari itu mulai akhir pekan lalu Pemerintah Kota Depok berkomitmen untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dengan melakukan deklarasi pengurangan plastik ke seluruh ritel di Depok.

Sejak Jumat (1/3) koordinasi sudah dimulai ke seluruh ritel. Diakui bahwa belum ada peraturan wali kota mengenai pengurangan sampah plastik di Depok.

“Mulai Jumat kita deklarasi dengan ritel untuk pengurangan penggunaan plastik,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, Minggu (3/3).

“Saya sempat berdiskusi dengan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengenai pembuatan perwal ini (pengurangan sampah plastik). Di sana itu (Banjarmasin) dia bukan langsung ujug-ujug perwalnya itu langsung jadi. Jadi perlu tujuh tahun mereka berjuang siapkan perangkat-perangkatnya untuk memaksimalkan mengurangi sampah plastik,” tambahnya.

Menurutnya, untuk pembuatan perwal pengurangan sampah plastik membutuhkan perangkat-perangkat yang sudah siap, seperti kantong-kantong yang bukan dari plastik melainkan kertas. Pasalnya untuk menutupi produksi tas pengganti kantong plastik untuk seluruh ritel di Depok membutuhkan 100 pelaku usaha yang terlibat.

Idris menuturkan deklarasi pengurangan sampah ini akan menjadi evaluasi ke depannya untuk menjadi acuan pembuatan perwal. Ia juga menjelaskan, dalam deklrasi pengurangan sampah plastik ini, pihaknya akan rutin mengontrol jumlah pemakaian sampah plastik yang ada di seluruh retail di Depok.

 

Penulis : Inggiet Yoes

Editor : Faisal Nur Fatullah

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional