oleh

Cara Menjaga Lingkungan Dari Sampah Plastik

Siarandepok.com – Sampah plastik selalu jadi bahan pembicaraan, karena sampah plastik adalah penyebab utama polusi air dan tanah.

Senin (25/2) Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti pernah menyebutkan Indonesia sebagai negara penyumbang sampah  plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang di laut.

Menurut data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Platik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun.

Untuk mengurangi pencemaran tersebut, masyarakat juga perlu turut aktif dengan mengurangi penggunaan plastik.

Berikut ada beberapa cara untuk mengurangi sampah plastik :

1. Kurangi penggunaan plastik sekali pakai

Untuk mengurangi penggunaan barang-barang tersebut, Anda dapat memperhitungkan kapan Anda membutuhkan dan menggantinya dengan produk yang bisa digunakan kembali.

2. Kurangi pembelian air mineral

Air mineral yang dijual di berbagai toko pastinya dikemas dengan kemasan berbahan plastik. Setiap tahun hampir 20 miliar botol plastik yang dibuang ke tempat sampah. Untuk menguranginya, Anda bisa membawa botol minum yang dapat digunakan berkali-kali.

3. Kurangi pemakaian microbeads

Microbeads (partikel kecil yang terbuat dari plastik) banyak ditemukan di produk kecantikan seperti scrub wajah, pasta gigi, dan sabun mandi. Terlihat tidak berbahaya namun dengan ukurannya yang kecil memungkinkan untuk menyelip dan akhirnya menjadi makanan bagi hewan laut. Anda bisa mulai menggunakan produk dengan exfoliant alami.

4. Mulailah memasak sendiri

Dengan memasak sendiri membuat Anda mengurangi bungkus makanan berbahan plastik. Atau anda dapat membawa perlengkapan makan seperti sendok, garpu, sumpit, dan kotak makan sendiri.

5. Gunakan barang bekas

Anda bisa mulai membeli barang bekas terutama barang yang mengandung bahan plastik. Dengan begitu Anda juga bisa menghemat uang Anda.

 

Penulis : Inggiet Yoes

Editor : Muthia Dewi Safira

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru