Menu

Indonesia Akan Kembali Menggelar MotoGP

  Dibaca : 112 kali
Indonesia Akan Kembali Menggelar MotoGP

Siarandepok.com – Setelah 24 tahun berlalu, akhirnya Indonesia kembali menjadi tuan rumah balap motor kelas tertinggi bertaraf internasional lagi. MotoGP Indonesia akan digelar pada tahun 2021.

Indonesia sudah mengambil kesepakatan dengan Dorna Sport SL, untuk menggelar MotoGP mulai musim 2021. Kontrak ini berjalan sampai tiga tahun, yang artinya Indonesia menjadi tuan rumah balapan untuk Marc Marquez dan kawan-kawan sampai 2023.

Kepastian itu dikonfirmasi oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar Mansoer. Ia mengonfirmasi jika Indonesia dan Dorna Sports SL sudah sepakat menggelar kejuaraan balap motor tersebut.

Kesepakatan ini membuat Indonesia akhirnya kembali menggelar balap motor kelas tertinggi bertaraf internasional lagi setelah terakhir kali 24 tahun lalu pada 1997, ketika Indonesia pernah menjadi tuan rumah Grand Prix.

Ketika itu, Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan pada 1996 dan 1997 untuk semua kelas balapan yakni 500cc, 250cc, dan 125cc. Sirkuit Sentul yang menjadi arena balapannya. Ketika itu, kelas balapan tertingginya masih 500cc, belum MotoGP.

Pada 1997 atau tahun terakhir Grand Prix Indonesia digelar, kelas 500cc dimenangi oleh Tadayuki Okada asal Jepang, Max Biaggi memenangi kelas 250cc, dan kelas 125cc dimenangi Valentino Rossi, yang saat ini masih membalap di MotoGP.

Kini, ajang balap motor kelas tertinggi akan kembali ke Indonesia, tepatnya di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kepastian ini menjawab penantian pecinta balap motor di Tanah Air yang selalu mendapat ketidakpastian soal gelaran MotoGP dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2015, Indonesia sempat dibilang akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP 2017 di Sentul, namun akhirnya tidak jelas dan menguap. Kemudian setelahnya, Palembang disebut siap menggelarnya. Namun sama seperti Sentul, MotoGP Palembang juga tinggal wacana. Kini, Mandalika datang dan diklaim siap menjadi tuan rumah kejuaraan motor paling bergengsi itu.

 

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Muhammad Rafi Hanif

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional