Menu

Kemenkes RI Lakukan Kampanye dan Sosialisasi Dunia Bebas Polio

  Dibaca : 122 kali
Kemenkes RI Lakukan Kampanye dan Sosialisasi Dunia Bebas Polio

Siarandepok.com – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) sedang melakukan kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pemberian imunisasi Inactivated Polio Vaccine (IPV) demi tercapainya tujuan Dunia Bebas Polio 2020. Guna mendukung upaya Kemenkes, Dinas Kesehatan (Dinkes), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui siap menyukseskan pemberian Imunisasi IPV kepada anak-anak.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati, Kota Depok sejak 2016 sudah memberikan imunisasi tersebut kepada masyarakat. Namun pemberiannya masih disesuaikan dengan kebutuhan dan sasaran yang ditentukan.

“Stok vaksin IPV sebelumnya belum bisa dimaksimalkan oleh Biofarma, maka pemberiannya masih kami batasi sesuai dengan sasaran,” ujar Umi.

Menurut Umi, pemberian vaksin saat ini dilakukan melalui puskesmas. Ke depannya, Kemenkes dan Biofarma akan mengupayakan stok vaksin dapat terpenuhi sesuai kebutuhan. Jika stok sudah memadai maka semua provinsi se-Indonesia serentak bakal memberikan imunisasi IPV di setiap posyandu.

“Dengan adanya sosialisasi dari Kemenkes, masyarakat mampu memahami dan bekerja sama untuk memberikan vaksin kepada anaknya,” tuturnya.

IPV adalah vaksin yang sangat aman digunakan. Vaksin tersebut digunakan melalui suntikan yang mengandung virus polio yang sudah dimatikan. Oleh karena itu, tidak ada risiko kelumpuhan yang berhubungan dengan vaksin tersebut, karena mutasi virus polio sudah dilemahkan. Imunisasi IPV ini diberikan bagi balita usia empat bulan akan menambah kekebalan terhadap penyakit polio.

 

Penulis: adista

Editor: Muhammad Rafi Hanif

 

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional