Menu

Dindik Blitar Antisipasi SMA/SMK yang Belum Bisa Gelar UNBK Mandiri

  Dibaca : 190 kali
Dindik Blitar Antisipasi SMA/SMK yang Belum Bisa Gelar UNBK Mandiri

Siarandepok.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK dan SMA tahun ini akan dimajukan, yaitu menjadi akhir Maret untuk SMK, dan awal April untuk SMA.

“Jadwal UNBK SMK dan SMA dimajukan. Tahun lalu, UNBK SMK dilaksanakan awal April dan UNBK SMA dilaksanakan akhir April. Tahun ini UNBK SMK maju akhir Maret dan SMA awal April,” ucap Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Trisilo Budi Prasetyo, Rabu (13/02).

Trisilo mengatakan jumlah siswa SMA dan SMK di Blitar yang mengikuti UNBK sebanyak 12.242 siswa. Rinciannya di Kabupaten Blitar ada 7.246 siswa dan di Kota Blitar ada 4.993 siswa.

Saat ini, para siswa sedang persiapan mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) yang rencananya dilaksanakan awal Maret 2019. Sekolah sudah melakukan persiapan untuk pelaksanaan USBN.

“Sebelum mengikuti UNBK, para siswa akan mengikuti USBN pada awal Maret ini. Pelaksanaan USBN juga menggunakan komputer,” katanya.

Dikatakannya, mayoritas SMK dan SMA di Blitar sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. Jumlah SMA dan SMK baik negeri maupun swasta di Blitar ada 103 lembaga. Dari total itu, hanya sekitar 15 lembaga yang belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. Sebanyak 15 sekolah melaksanakan UNBK dengan cara menumpang ke sekolah lain.

Sejumlah sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri itu karena belum memiliki komputer dan belum terakreditasi.

“Syarat utama melaksanakan UNBK mandiri harus sudah terakreditasi. Ada juga sekolah yang sudah terakreditasi tapi belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri karena belum memiliki fasilitas komputer,” ujarnya.

 

 

Penulis : Inggiet Yoes

Editor : Faisal Nur Fatullah

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional