Menu

Tanggapan Jokowi Terkait Permintaan Penurunan Harga Avtur

  Dibaca : 27 kali
Tanggapan Jokowi Terkait Permintaan Penurunan Harga Avtur

Siarandepok.com – Presiden Joko Widodo menyebut angka laba Pertamina sepanjang 2018 melampaui Rp 20 triliun. Pernyataan Jokowi tersebut menopang permintaannya kepada Pertamina agar menurunkan harga bahan bakar jenis avtur. Jokowi menilai Pertamina sanggup menjual harga avtur setara dengan harga jual internasional.

“Pertamina kemarin laporan lisan kepada saya untungnya sudah di atas 20 T (triliun rupiah) kok,” jelas Jokowi, Senin (11/2).

Pertamina memang ditantang untuk bisa menerima kompetitor lain masuk ke pasar dalam negeri. Ide ini dilontarkan langsung oleh Presiden karena mahalnya harga tiket penerbangan domestik akibat tingginya harga bahan bakar avtur yang dijual Pertamina.

Presiden mendengar keluhan para pengusaha hotel dan kuliner yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) yang melaporkan adanya penurunan tingkat hunian hotel hingga 20-40 persen sejak awal 2019.

Presiden sebetulnya menawarkan dua opsi kepada Pertamina untuk menindaklanjuti permasalahan ini.

Pertama, Pertamina diminta menjual avtur dengan harga yang setara dengan harga internasional. Bila Pertamina tak mau menyanggupi permintaan Presiden, maka Pertamina diberikan opsi kedua yakni berani berkompetisi dengan swasta asing yang bisa saja ikut ‘jualan’ avtur untuk penerbangan domestik.

Jokowi mengaku mendapat informasi dari Chairul Tanjung, selaku Komisaris Garuda Indonesia bahwa penjualan avtur di Bandara Internasional Soekarno Hatta dimonopoli oleh Pertamina.

 

Penulis: Inggiet Yoes

Editor: Muhammad Rafi Hanif

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional