Menu

Manfaat dari Mengonsumsi Arang Aktif

  Dibaca : 249 kali
Manfaat dari Mengonsumsi Arang Aktif

Siarandepok.com – Bagi sebagian orang, arang aktif atau yang disebut juga activated charcoal pasti terdengar sangat asing. Pendatang baru ini ternyata mengandung banyak manfaat, lho. Dalam dunia kesehatan dan kecantikan arang aktif sangat ampuh untuk membersihkan tubuh dari racun atau zat-zat berbahaya. Arang aktif di sini di maksudkan yaitu karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan alami. Bukan arang yang biasa digunakan untuk membuat bara api.

Manfaat-manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi arang aktif ini adalah dapat memutihkan gigi. Arang aktif mampu mengembalikan warna alami gigi yang cerah, dapat menjaga kesehatan mulut, mencegah gigi berlubang, mengusir bau mulut dan meredakan penyakit gusi. Manfaat selanjutnya adalah dapat meredakan perut kembung dan masuk angin. Selanjutnya arang aktif digunakan sebagai penawar racun, di instalasi gawat darurat biasanya selalu menyediakan arang aktif, karena dapat mengikat racun atau zat kimia seperti merkuri dan pestisida dalam tubuh. Perlu diingat bahwa tidak semua racun atau zat kimia bisa diikat oleh arang aktif. Keracunan alkohol, sianida, dan litium adalah beberapa contoh yang tak bisa diatasi dengan mengonsumsi arang aktif.

Selain itu untuk perempuan tidak usah khawatir, bagi yang memiliki jerawat, arang aktif juga dapat mengobati masalah jerawat. Arang aktif ampuh untuk meredakan jerawat. Zat yang terkandung dalam arang yang telah diaktifkan mampu mengikat dan mengangkat kotoran serta bakteri yang bisa menimbulkan jerawat.

Masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan setelah mengonsumsi arang aktif. Namun, arang aktif ini juga memiliki efek samping, beberapa kondisi medis seperti pendarahan atau penyumbatan usus, lubang di usus, dehidrasi kronis, pencernaan lambat atau baru menjalani operasi perut perlu diperhatikan karena mempengaruhi bagaimana arang aktif bereaksi dalam tubuh. Arang aktif juga dapat mengganggu penyerapan nutrisi, suplemen dan obat resep.

 

Penulis: Nia

Editor: Muhammad Rafi Hanif

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional