Menu

Kenikmatan Makanan Tradisional Khas Cirebon

  Dibaca : 269 kali
Kenikmatan Makanan Tradisional Khas Cirebon

Siarandepok.com – Sebagian dari masyarakat Indonesia merupakan pecinta kuliner. Dari Sabang sampai Marauke, pasti memiliki keanekaragaman makanan yang diciptakan dalam setiap daerahnya, makanan tersebut yang nantinya akan menjadi ciri khas dalam daerah itu sendiri.

Bicara soal makanan, Cirebon, Jawa Barat, juga tentu memiliki makanan khas. Cirebon merupakan kota yang terkenal dengan kota udang. Namun, ada hal lain yang dapat menarik perhatian wisatawan adalah wisata kulinernya.

Sebut saja empal gentong, empal gentong merupakan makanan yang sangat populer bagi masyarakat cirebon, yang berbeda dalam empal gentong adalah penyajiannya karena berasal dari kuali yang terbuat dari tanah liat. Selain itu empal gentong juga dimasak dengan menggunakan kayu bakar, yang membuat makanan ini sangat nikmat. Rasa kuah kuning yang gurih ditambah dengan isiannya yaitu daging sapi dan jeroan berupa babat, usus, limpa dan paru tentu sangat menggugah selera bagi yang mengonsumsinya.

Tahu gejrot, siapa yang tidak kenal makanan ini, makanan ini ternyata berasal dari Cirebon, loh. Tahu gejrot tidak hanya dapat ditemukan di cirebon saja, melainkan dapat ditemukan di Jakarta. Selain penyajiannya yang unik karena menggunakan piring yang terbuat dari tanah liat. Namun, rasa yang diberikan sangat lezat, guyuran yang berasal dari campuran bawang putih, bawang merah, cabai dan juga gula merah membuat orang yang memakannya menjadi ketagihan.

Banyak sekali makanan khas Cirebon yang sangat populer dan harus dicicipi, seperti mie koclok, nasi lengko, rujak kangkung, nasi jamblang, bubur sop ayam, kerupuk melarat, dan lain-lain. Selain rasanya yang lezat, harganya juga tidak akan menguras kocek.

Penulis : Nia Rusmiati Saputri

Editor : Muthia Dewi Safira

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional