Menu

Tindakan Dinas Kesehatan Terhadap Hepatitis A Yang Serang SDN Depok

  Dibaca : 36 kali
Tindakan Dinas Kesehatan Terhadap Hepatitis A Yang Serang SDN Depok

 

Siarandepok.com – Apa itu hepatitis A? Itu adalah penyakit infeksi hati menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Banyak orang yang terserang oleh penyakit tersebut termasuk siswa SDN di Depok. Sebanyak 33 pelajar SDN di Kota Depok terinfeksi virus hepatitis A dalam kurun waktu Desember 2018 hingga Januari 2019.

Virus hepatitis A biasanya menular ke orang yang mengonsumsi air atau makanan yang terkontaminasi feses orang lain. Penularan bahkan bisa terjadi meski makanan yang dikonsumsinya dalam jumlah kecil.

Petugas Bidang Tata Usaha atau TU di SDN Mekarjaya 30, Bagus, mengatakan bahwa ada 10 siswa di sekolah itu yang terkena virus hepatitis A.

“Memang benar ada yang kena hepatitis tetapi enggak bersamaan, jadi bukan serentak. Ada 10 orang yang kena kalau dari SD kami,” ucap Bagus di SDN Mekarjaya 30, Sukmajaya, Depok, Senin (28/01/19).

Bagus mengatakan, sampel jajanan di SDN Mekarjaya 12 dan SDN Mekarjaya 30 sudah dibawa oleh Dinas Kesehatan Kota Depok untuk dicek di laboratorium.

Guru Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SDN Sukamaju 6, Cicih, mengatakan, penyakit kuning tersebut telah menyerang anak muridnya sejak awal Januari 2019.

Cicih belum dapat memastikan dari mana asal virus hepatitis A yang membuat sembilan muridnya harus dirawat inap di rumah sakit itu.

“Dinkes Depok sudah ambil sampel jajanan pedagang dekat sekolah di dua sekolah SDN Sukamaju 6 dan SDN Sukamaju 9,” kata Cicih.

Hal ini pun ditanggapi Kepala Dinas Pendidikan Depok Mohammad Thamrin. Ia mengatakan, Dinas Pendidikan Depok telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Depok untuk memeriksa sejumlah jajanan dari sekolah-sekolah yang muridnya terjangkit virus hepatitis A.

“Iya, Dinkes sudah turun ke sana mempelajari apakah penyebab anak-anak murid sekolahan sakit hepatitis A dari jajanan atau penularan dari anak itu sendiri. Nanti kita tunggu hasilnya seperti apa,” ucap Thamrin.

Ia mengimbau para orang tua untuk membawakan anaknya makanan atau bekal dari rumah.

 

Penulis : Inggiet Yoes

Editor : Muthia Dewi Safira

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional